oleh

Kapolda Jambi Tinjau Wilayah Rawan Karhutla

Kenali.co.id, Muarajambi– Untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi, perlu ada revitalisasi kanal di wilayah yang kerap terjadi kebakaran hutan. Khususnya di wilayah PT BEP, Desa Puding, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi.

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, saat meninjau lokasi mengatakan tempat tersebut terjadi kebakaran hutan pada 2015 dan 2019 lalu. Dia meninjau bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Bachyuni, dan Ketua DPRD Provinsi Jambi.

Kata dia, setidaknya ada 8 titik kanal yang ada di Kabupaten Muarojambi, di kawasan PT BEP yang akan direvitalisasi.  “Ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga tinggi muka air tanah di kanal, agar tak mengalami surut saat musim kemarau,” kata dia, Selasa (2/3).

Lanjutnya, dengan menjaga tingginya muka air di kanal, maka air tetap membasahi tanah atau lahan yang kering disekitar kanal. Revitalisasi ini tak hanya dilakukan di kawasan PT BEF saja, akan tetapi juga di wilayah yang rawan kebakaran di Kabupaten Muarojambi.

Menurutnya, jika revitalisasi dilakukan, dan lahan tetap basah, tidak akan terjadi api. Jenderal bintang dua itu juga mengimbau masuarakat, yang masuk di wilayah Kumpeh agar tidak menyalakan api. Baik itu yang membuka ladang maupun yang melakukan aktivitas memancing di kanal.

“Jangan membuang puntung rokok sembarangan, karena memang ini bisa menyebabkan api yang membakar lahan,” tandasnya. (*)

sumber:ji

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT