oleh

PSU Setelah Lebaran?

Kenali.co.id, Jambi-Jadwal pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi, hingga saat ini masih belum fix. Jadwal yang semula tanggal 5 Mei 2021, nampaknya berat untuk dilaksanakan. Sebab, banyak persiapan yang harus dilakukan, sementara waktu yang tersisa hanya satu bulan lagi.

Subhan, Ketua KPU Provinsi Jambi mengatakan, jadwal tersebut hingga saat ini masih digodok. Pihaknya masih mengkonsultasikan ke KPU RI, sementara pihaknya hanya menunggu penetapan dari KPU RI.

“Nanti akan ada pengumuman resmi, ini kita konsultasikan ke KPU RI,” katanya.

Senada dengan itu, Apnizal, Komisioner KPU Provinsi Jambi mengatakan, jadwal 5 Mei tersebut dirasa cukup berat dilaksanakan. Terutama persiapan pelaksanaan, tidak bisa dilakukan secara terburu-buru.

Mulai dari pembentukan panitia adhock, logistik dan sebagainya. Dia mengatakan, untuk pembentukan panitia adhock, harus dicari orang yang benar-benar baru. Rekrutmen Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK) yang baru, harus dilaksanakan. Dua minggu sebelum PSU, PPK sudah harus terbentuk. Sementara, hingga hari ini, belum ada pengumuman rekrutmen PPK.

“Belum bisa dilakukan rekrutmen, karena belum penetapan jadwal. Ini ada berbagai pertimbangan untuk pelaksanaan PSU, kalau tanggal 5 Mei itu cukup berat. Kami tidak mau pelaksanaannya dengan persiapan yang tidak matang dan terburu-buru,” katanya.
Apnizal mengatakan, untuk panitia adhock itu, harus diumumkan dulu bahwa ada perekrutan. Kemudian, setelah ditetapkan, PPK itu juga harus mengikutui Bimtek, tidak bisa langsung terjun bertugas.

“Bimtek paling tidak dua hari, baru setelah itu PPK membentuk KPPS,” katanya.

Selain itu, persiapan logistik, juga menurutnya butuh waktu. Paling cepat, logistik membutuhkan waktu selama dua minggu. Bisa saja lebih dari itu.

Alternatif lain, lanjut Apnizal, pelaksanaan PSU tetap di bulan Mei, namun dilaksanakan setelah lebaran. Mengingat, konsentrasi penyelenggara dan juga masyarakat, bisa saja terpecah untuk menghadapi lebaran.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT