KENALI.CO.ID ● KEJAKSAAN TEMUKAN 50 STEMPEL BERBAGAI JENIS YANG MASIH BASAH KANTOR KPU TANJABTIM ● UANG SITAAN RP 230 JUTA DARI KANTOR KPU TANJABTIM DITITIP KE KAS NEGARA ● 4 RUANGAN KPU TANJABTIM MASIH DIPASANG SEGEL KEJAKSAAN SELAMA 4 HARI ● KETUA KPU TANJABTIM NURKHOLIS TAK MASUK KERJA PASCA PENGGELEDAHAN YANG DILAKUKAN KEJAKSAAN ● SENGKETA LAPANGAN PEMUDA AKSO DANO, PULUHAN WARGA TOLAK PEMASANGAN PLANG PEMERINTAH OLEH JAKSA PENGACARA NEGARA ● TANAH LONGSOR, AKSES JALAN MENUJU 7 DESA DI KECAMATAN BATANG ASAI PUTUS TERIMBUN MATERIAL LONGSOR ● RUMAH WARGA DI DESA BATU PENYABUNG SAROLANGUN NYARIS TERJUN KE JURANG SEDALAM 8 METER AKIBAT TANAH LONGSOR ● KAPOLRES BUNGO TEMUKAN PERALATAN PETI DI DEKAT AREA BANDARA ● KASUS PERCERAIAN DI TANJABTIM SELAMA MASA PANDEMI MENCAPAI 315 KASUS ● KPK MINTA PEMKOT JAMBI MENGOPTIMALKAN PAD DAN TERTIBKAN ASET ● WALIKOTA SYARIF FASHA JADI PEMATERI LITERASI DIGITAL YANG DISELENGGARAKAN DPR RI ● WAWAKO MAULANA PAPARKAN PERKEMBANGAN WISATA DANAU SIPIN DALAM KEGIATAN TEMASEK FOUNDATION URBAN RESILENCE PROGRAMME 2021 ● GUBERNUR AL HARIS LANTIK MUCHLIS SEBAGAI KOMISARIS DAN DAN MUDASIR SEBAGAI DIREKTUR PT JII ● PEMPROV JAMBI TERIMA PIAGAM DAN PLAKAT PENGHARGAAN OPINI WTP DARI KEMENKEU ● GUBERNUR AL HARIS CEK ISOTER DAN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI ● ISOTER ASRAMA HAJI DAN BPSDM DITUTUP SEMENTARA KARENA PASIEN SUDAH MENURUN ● KABUPATEN MERANGIN DINYATAKAN NOL KASUS POSITIF COVID-19 ● KASUS AKTIF COVID-19 DI MUARO JAMBI TERUS MENGALAMI PENURUNAN ● SEKOLAH DI BATANGHARI BUTUH 35 ORANG PENGAWAS ● KENALI.CO.ID

10 Cemilan Kue Khas Pekanbaru yang Terkenal

  • Bagikan

Kenali.co.id-Kota Pekanbaru merupakan sebuah daerah yang terkenal karena destinasi wisata dan perdagangannya. Namun, ternyata Ibu Kota dari Provinsi Riau ini memiliki kekayaan kuliner yang begitu istimewa. Makanan khasnya sendiri memiliki cita rasa yang tidak kalah lezat dengan daerah lainnya.

Berikut rekomendasi makanan khas dari Pekanbaru yang terkenal akan kelezatannya dan wajib Anda cicipi untuk menambah pengalaman kulineran Anda.

1.Keripik Nanas

Camilan khas yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh terkenal dari Kota Pekanbaru. Sesuai dengan namanya, keripik ini menggunakan buah nanas sebagai bahan utama dalam pembuatannya.

Pertama-tama buah nanas tersebut dikupas terlebih dahulu bagian kulitnya. Kemudian kulit buah direbus dan dijemur saat cuaca panas. Setelah kering, kulit buah pun digoreng. Keripik ini memiliki rasa yang khas dan renyah ketika dicicipi.

2. Dodol Kedondong

Biasanya buah kedondong digunakan untuk bahan pembuatan rujak yang menghasilkan rasa sangat asam. Namun, di Pekanbaru terdapat dodol dengan bahan utama kedongdong dan memiliki rasa asam manis yang segar.

Dalam pembuatannya, buah kedongdong harus dimasak sampai benar-benar lembut sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama. Dodol ini juga biasa ditaburi dengan biji dari wijen yang menambah keindahan bentuknya.

3. Lempok Durian

Makanan khas yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai durian. Cemilan ini memiliki bungkus yang khas berupa pelepah dari pohon pinang. Bahan utama dari pembuatannya yaitu daging buah durian yang masih segar.

4.Kue Bangkit

Masyarakat sekitar memberi nama kue ini sesuai dengan bentuknya yang membesar dari keadaan sebelumnya karena proses pemanasan dalam oven. Kue ini memiliki warna perpaduan putih dan kuning.

5. Kue Asidah

Kue Asidah
Image Credit: Facebook.com @ayu.melayu

Salah satu kue khas Pekanbaru ini memiliki bentuk yang sangat unik dan lucu. Selain itu, kue ini memiliki rasa yang sangat manis dan lembut saat dimakan. Bentuknya sendiri bermacam-macam sesuai dengan keinginan pembuat kue.

Kue ini juga dibuat dengan berbagai rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, serta daun pandan. Kue ini biasa disajikan bersamaan dengan bawang goreng yang menghasilkan rasa unik dan khas.

6.Lopek Bugi

Image Credit: Twitter.com @traveloka

Dahulu, cemilan khas yang satu ini hanya dihidangkan dalam keluarga bangsawan saja. Kini, siapapun dapat menikmati manisnya cemilan yang terbuat dari beras ketan ini. Cemilan ini memiliki warna putih dan hitam sesuai dengan jenis ketan yang digunakan.

Selain beras ketan, terdapat pula bahan tambahan lainnya seperti kelapa yang sudah diparut, santan, serta gula pasir. Cemilan ini juga memiliki bungkus khusus untuk membalutinya yakni daun pisang.

 

Sumber: Andalas tourisme


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *