10 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Jantung dan Kecantikan

10 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Jantung dan Kecantikan

KENALI.CO.ID, KECANTIKAN – Lemon terkenal karena rasanya yang asam, namun dibalik rasa asamnya, lemon memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Lemon kaya akan vitamin B5, vitamin B3, vitamin B1, vitamin C dan antioksidan. Bahkan lemon juga mengandung kalsium, asam folat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan masih banyak lagi.

Seperti buah sitrus lainnya, lemon merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan dan melawan penyakit.

Ini beberapa manfaat buah lemon untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Lemon mengandung vitamin C yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Lemon juga mengandung serat makanan yang tinggi, sehingga mampu  menurunkan kolesterol yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Serat dalam lemon juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Membantu dalam Pengendalian Berat Badan

Air lemon mendukung hidrasi tubuh yang mampu meningkatkan metabolisme dan berguna untuk menurunkan berat badan. Lemon juga mengandung serat pektin yang berfungsi untuk menjaga agar tetap merasa kenyang dan tidak terlalu lapar.

3. Mencegah Batu Ginjal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air lemon dapat mencegah pembentukan batu ginjal karena lemon mengandung asam sitrat, sehingga meningkatkan kadar sitrat urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

4. Mencegah Anemia

Vitamin C dalam lemon membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari sayuran berdaun hijau. Sehingga mampu mempertahankan kadar zat besi yang tepat untuk membantu dalam mencegah anemia.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lemon memiliki risiko lebih rendah terkena kanker pankreas dan usus besar. Antioksidan dalam lemon mencegah radikal bebas merusak sel. Senyawa yang disebut D-limonene dalam lemon memiliki sifat anti-karsinogenik.

Baca Juga :  Bongkar Gaji Anggota DPR, Fahri Hamzah Bicara soal Dolar dan Uang Rapat

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Lemon mengandung asam sitrat yang tinggi, sehingga mampu  merangsang produksi asam lambung dan membantu pencernaan makanan. Selain itu lemon juga mengandung serat larut yang membantu meringankan sembelit atau masalah pencernaan lainnya.

7. Meningkatkan Tingkat Energi

Lemon mengandung kalium yang meningkatkan fungsi otak dan saraf yang membantu untuk tetap fokus. sehingga mampu mengurangi kecemasan dan depresi. Elektrolit dan kalium yang ada dalam lemon juga menghidrasi tubuh.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C dan antioksidan yang ada dalam lemon meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga lemon diketahui mampu melawan pilek dan flu. Cukup gunakan segelas air dan tambahkan perasan lemon untuk meredakan batuk, pilek dan flu.

9. Mengurangi Nyeri Sendi

Lemon mampu menghilangkan asam urat pada persendian, yang merupakan salah satu penyebab utama rasa sakit dan pembengkakan pada persendian. Cukup dengan rutin konsumsi air lemon hangat di pagi hari dapat meredakan nyeri lutut dan sendi.

10. Memperbaiki Kulit dan Rambut

Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen mampu melindungi kulit dari kekenduran dan mencegah keriput. Antioksidan dan vitamin C yang ada dalam lemon mampu mencegah pertumbuhan jerawat.

Jika memiliki rambut kering dan kusut, mengonsumsi jus lemon secara teratur dapat membuat rambut kembali berkilau dan halus, karena lemon kaya akan asam folat dan vitamin C, yang dapat mengurangi minyak dan ketombe.

 

(*FITRI/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG : https://lifestyle.bisnis.com/read/

DENGAN JUDUL : https://lifestyle.bisnis.com/read/20231204/106/1720613/10-manfaat-lemon-untuk-kesehatan-jantung-dan-kecantikan