14 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan, Hasilnya Menakjubkan

14 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan, Hasilnya Menakjubkan

KENALI.CO.ID,KECANTIKAN – Anda tentu tak asing lagi dengan ketan hitam karena banyak olahannya di jual di pasaran. Ketan hitam mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, baik yang masih berbentuk beras hingga berbagai aneka makanan seperti bubur, tape ketan, hingga cendil.

Selain mengenyangkan, ketan hitam juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Ketan hitam memiliki kandungan serat cukup tinggi, tetapi mengandung kalori cukup rendah.

Ketan hitam ternyata juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin, dan nutrisi yang bermanfaat untuk membantu mengobati diabetes. Makanan ini bisa di konsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Sejak zaman dahulu, ketan hitam masih menjadi menu andalan bagi yang menjalani program diet. Biasanya, mereka mengonsumsinya menjadi bubur ketan hitam.

Beras ketan hitam memiliki akan berubah menjadi keunguan setelah di masak. Warna dari ketan hitam menandakan bahwa makanan tersebut mengandung senyawa antosianin cukup tinggi. Kandungan tersebut merupakan pigmen antioksidan yang juga terdapat dalam terong dan blueberry.

Tak hanya itu, ketan hitam masih menyimpan ragam nutrisi penting bagi kesehatan seperti zat besi, protein, karbohidrat, serat, dan vitamin E. Kandungan mineral dalam ketan hitam meliputi kalium, magnesium, dan zinc.

Kandungan megnesium dalam ketan hitam sangat penting bagi masa pertumbuhan anak-anak. Makanan ini bermanfaat dalam membantu pembentukan sel-sel tulang serta meningkatkan kepadatan tulang, dan zat besi untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah anemia.

Lantas apa saja khasiatnya? Berikut adalah manfaat ketan hitam bagi kesehatan dan kecantikan yang kerap tidak di sadari oleh sebagian orang.

14 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan, Hasilnya Menakjubkan

6 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan

– Memelihara Kesehatan Jantung

Baca Juga :  4 Manfaat Daun Mint untuk Kecantikan, Bisa Menghilangkan Mata Panda

Ketan hitam mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Makanan ini mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, dan mengurangi pembengkakan. Bubur ketan hitam di percaya dapat mencegah penyakit jantung apabila di konsumsi secara rutin.

Ketan hitam juga dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa mengombinasikan ketan hitam dan kacang hijau menjadi bubur.

Alasannya, bubur kacang hijau memiliki kandungan polyphenol dan oligosakarida dengan kadar cukup tinggi. Kandungan inilah yang mampu mengurangi pembengkakan kanker.

– Bantu Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan beberapa penelitian, ketan hitam dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang. Sehingga akan membuat seseorang tidak mudah lapar dan menahan diri dari keinginan mengemil.

Ketan hitam juga mengandung kadar protein dan serat yang tinggi, tetapi memiliki kandungan kalori cukup rendah. Oleh karena itu, ketan hitam menjadi salah satu menu rekomendasi bagi Anda yang ingin menjaga berat badan ideal.

– Melancarkan Pencernaan

Masyarakat Indonesia banyak mengonsumsi ketan hitam karena di percaya mampu mengurangi nyeri perut. Ketan hitam kaya serat sehingga akan mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

Di sisi lain, ketan hitam juga mengandung senyawa alami yang berperan sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri dan virus berbahaya dalam sistem pencernaan.

– Detoks Racun

Ketan hitam di percaya mampu detoks atau membersihkan racun di dalam tubuh.

Ketan hitam mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif untuk membersihkan pestisida dan zat kimia seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

– Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, ketan hitam mampu mengobati penyakit diabetes. Namun Anda perlu mengonsumsi bubur ketan hitam tanpa santan dan gula.

Baca Juga : 

Ketan hitam mengandung serat cukup tinggi yang bekerja untuk mengatur pelepasan insulin dan glukosa ke aliran darah, sehingga akan mengurangi lonjakan maupun penurunan gula darah.

– Mencegah Kanker

Warna hitam dalam makanan ini menandakan bahwa ketan hitam mengandung antosianin tinggi. Senyawa tersebut merupakan antioksidan alami yang dapat memelihara kesehatan tubuh.

Senyawa antioksidan ini memiliki sifat antiradang dan antikanker sehingga antosianinnya mampu menurunkan risiko penyakit kanker serta gangguan kesehatan lainnya seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

14 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan, Hasilnya Menakjubkan

8 Manfaat Ketan Hitam untuk Kecantikan

Apakah Anda memiliki keluhan terkait kecantikan? Ketan hijau adalah solusinya. Makanan ini di percaya mampu mencerahkan kulit wajah dan mengurangi jerawat.

Bahkan ketan hitam dapat mendorong produksi kolagen yang akan mempercantik kulit. Ketan hitam mengandung senyawa alami yang berkhasiat mencegah penuaan. Ini berarti ketan hitam bisa membuat Anda terlihat awet muda.

Bubur ketan hitam memang bisa menutrisi kulit dari dalam tubuh. Namun supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menggunakan ketan hitam sebagai masker kulit.

Berikut adalah manfaat ketan hitam untuk kecantikan

– Memutihkan dan mencerahkan kulit

– Membantu mengatasi jerawat membandel

– Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

– Menghasilkan dan mengencangkan kulit

– Mengangkat komedo dan sel kulit mati

– Mengecilkan pori-pori dan meminimalisir adanya penumpukan kotoran akibat debu dan polusi

– Mencegah produksi minyak berlebih

– Menjaga kulit tetap sehat dan awet muda

14 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan, Hasilnya Menakjubkan

Cara Membuat Masker Ketan Hitam

Mengolah beras ketan hitam menjadi makanan sangat mudah dan di ketahui banyak orang. Namun masih ada yang belum mengatahui cara memanfaatkan beras ketan hitam untuk masker kecantikan kulit. Oleh karena itu, Bola.com akan meringkas cara membuat masker ketan hitam untu kecantikan seperti berikut ini:

  1. Siapkan ketan hitam dalam mangkok.
  2. Tambahkan air hangat hingga ketan hitam terendam seluruhnya.
  3. Rendam selama 1 jam, tiriskan.
  4. Panaskan ketan hitam dalam wajan tanpa menggunakan minyak dengan cara di sangrai.
  5. Sangrai ketan hitam hingga kering.
  6. Haluskan ketan hitam menggunakan food processor/blender sampai menjadi bubuk. Anda juga bisa menumbuk ketan hitam secara manual.
  7. Simpan bubuk ketan hitam dalam jar atau tempat bekas lulur.
  8. Gunakan masker ketan hitam 2 kali seminggu.
Baca Juga :  Bikin Wajah Cantik, Senka Perfect Whip Kini Mudah Dijangkau!

Setelah halus, ambil bubuk ketan hitam secukupnya. Lalu, campurkan dengan air dan aduk hingga menjadi seperti pasta atau krim. Kemudian, oleskan ke kulit wajah menggunakan kuas masker, diamkan sampai kering lalu bilas dengan air dingin.

(*ENI/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG: https://www.bola.com

DENGAN JUDUL: https://www.bola.com/ragam/read/5460712/14-manfaat-ketan-hitam-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-hasilnya-menakjubkan