241 Km Jalan di Klaten Rusak, Waspada Aspal Nggronjal

  • Bagikan
Klaten
https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fimages.solopos.com%2F2014%2F12%2FJalan-rusak-Klaten-yang-dijadikan-prioritas-untuk-diperbaiki-antara-lain-jalur-jalan-Karangnongko-Ngawen.-Taufiq-Sidik-Prakoso.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fwww.solopos.com%2Fjalan-rusak-klaten-jalan-di-jalur-karangnongko-ngawen-rusak-parah-563395&tbnid=BrF2K2qOQUlaXM&vet=12ahUKEwj43ayInrD0AhU4-DgGHSwOAt4QMygEegUIARClAQ..i&docid=GxN1qkXfWq1wyM&w=448&h=254&itg=1&q=jalan%20rusak%20di%20klaten&ved=2ahUKEwj43ayInrD0AhU4-DgGHSwOAt4QMygEegUIARClAQ

Kenali.co.id, BERITA DAERAH Klaten – Memasuki musim hujan, kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mencapai 214 kilometer. Kerusakan itu dari skala ringan sampai berat.

“Ini data terakhir, jalan kondisi baik sepanjang 475 kilometer. Rusak sedang 171 kilometer, rusak ringan 59 kilometer dan rusak berat 11 kilometer,” jelas Kabid Bina Marga DPUPR Pemkab Klaten, Suryanto, Rabu (24/11/2021).

Menurut Suryanto, kerusakan jalan kabupaten tersebut terus ditangani. Kerusakan ringan di akhir tahun anggaran ditangani dengan cadangan material.

“Jalan yang masuk kriteria pemeliharaan akan kita tangani dengan cadangan material. Kerusakan tersebar di beberapa wilayah,” sambung Suryanto.

Di APBD perubahan tahun 2021, imbuh Suryanto, pengaspalan jalan tetap dilakukan. Ada tiga ruas jalan yang dilakukan pengaspalan.

“Anggaran perubahan ada tiga kegiatan pengaspalan jalan. Meliputi ruas Prigi-Sabranglor, Tegalan-Samben, Samben-Daleman,” lanjut Suryanto.

Untuk kelanjutan penanganan jalan, terang Suryanto, dilanjutkan di APBD 2022. Di tahun depan dianggarkan untuk jalan dan jembatan.

“Tahun depan jalan dan jembatan dianggarkan Rp 104 miliar,” sebut Suryanto.

 

Pantauan Kerusakan Jalan di Klaten

Di ruas jalan Juwiring-Serenan, kerusakan terjadi di depan Pasar Tanjung ke timur. Sedangkan Jalan Wonosari-Karangdowo kerusakan terjadi paling parah di Desa Kingkang ke selatan dengan adanya banyak lubang besar.

Seorang warga Juwiring, Bagus (29), mengatakan di daerahnya kerusakan terparah ada di jalan raya sekitar Pasar Tanjung. Mulai dari depan pasar ke timur.

“Depan pasar ke timur ada dua lokasi rusak aspal sudah hilang. Terus dari Desa Kingkang ke selatan arah Kecamatan Karangdowo juga banyak lubang besar,” kata Bagus.

Untuk ruas Samben-Daleman, imbuh Bagus, sudah dan sedang ada kegiatan perbaikan jalan. Jalan tersebut sering rusak.

“Beberapa hari ini ada perbaikan. Lokasi memang sering rusak karena tanahnya seperti tanah gerak,” imbuh Bagus.

Warga Karangdowo, Eko Santoso (40), mengatakan kerusakan juga terjadi di perbatasan antara kecamatan Karangdowo, Pedan dan Cawas. Menurutnya kerusakan jalan di wilayah tenggara itu sudah ada sejak lama.

“Jadi itu jalan perbatasan tiga kecamatan. Lokasi di utara pemancar RRI Desa Gombang ke arah timur sampai Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo,” sebut Eko. (Dhea/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *