4 Kebiasaan Sehat

  • Bagikan

Kenali.co.id,-Sebuah penelitian telah menemukan kebiasaan sehat yang dapat memperpanjang umur hingga 14 tahun. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Plos Medicine, dampak gabungan dari kebiasaan kesehatan dan kematian pada pria dan wanita dianalisis lebih lanjut.

Studi ini meneliti hubungan antara gaya hidup dan kematian dalam studi populasi prospektif terhadap 20.244 pria dan wanita berusia antara 45 hingga 79 tahun tanpa penyakit kardiovaskular atau kanker yang diketahui.

Peserta mencetak satu poin untuk setiap kebiasaan sehat tidak merokok, tidak aktif secara fisik, asupan alkohol sedang (satu hingga 14 unit seminggu) dan asupan buah dan sayuran setidaknya lima porsi sehari, dengan skor total mulai dari nol hingga empat.

Dilansir dari Express, Senin (25/10/2021) setelah rata-rata 11 tahun tindak lanjut untuk semua penyebab kematian pria dan wanita yang masing-masing memiliki tiga, dua, satu, dan nol dibandingkan dengan empat kebiasaan kesehatan.

“Tren paling kuat untuk penyebab kardiovaskular. Risiko kematian bagi mereka yang memiliki empat dibandingkan dengan nol kebiasaan sehat setara dengan menjadi 14 tahun lebih muda dalam usia kronologis,” catat penelitian tersebut.

Studi ini menyimpulkan bahwa gabungan empat kebiasaan sehat memprediksi perbedaan empat kali lipat dalam kematian total pada pria dan wanita. Di mana dampaknya bisa memperpanjang umur sampai 14 tahun.

Dengan demikian, seseorang yang mampu menjaga berat badannya, tidak merokok, membatasi alkohol dalam jumlah sedang dan makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari dapat meningkatkan harapan hidup mereka tujuh hingga 14 tahun dibandingkan dengan mereka yang merokok, minum alkohol berlebihan dan kelebihan berat badan.(Riani/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *