4 Kiat Atasi Insomnia pada Malam Hari

  • Bagikan

Kenali.co.id, JAKARTA – Insomnia merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang biasanya terjadi pada malam hari. Apabila seseorang mengidap insomnia, maka hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh dan penderitanya akan merasa kelelahan pada keesokan hari.

Mengutip laman Healtline, Senin (18/10/2021), bahwa berdasarkan American Psychiatric Association (APA), faktanya ada sekitar sepertiga orang dewasa telah melaporkan gejala insomnia. Antara 6 sampai 10 persen dari semua orang dewasa memiliki gejala yang cukup parah sehingga dapat didiagnosis sebagai gangguan insomnia.

Faktor penyebabnya bisa berbagai macam seperti rasa cemas, stres, hingga pola tidur yang buruk. Hal tersebut membuat sebagian orang mengonsumsi obat tidur untuk mengtasi masalah insomnia yang dimiliki. Namun, perlu diketahui bahwa hal demikian tidak direkomendasikan karena dikhawatirkan akan memicu gejala penyakit lain.

Lantas bagaimana cara mengatasi insomnia? Berikut beberapa treatment yang dapat Anda lakukan di rumah, seperti dilansir dari laman Halodoc.

1. Melakukan Relaksasi

Sebagai langkah relaksasi, Anda dapat melakukan yoga atau pilates sebelum tidur. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur yang dimiliki.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti mandi air hangat, mendengarkan musik, menonton drama, atau aktivitas lain yang disukai.

2. Mengatur Jadwal Tidur

Mengatur kebiasaan jadwal tidur yang baik dapat memudahkan tubuh untuk beristirahat, sehingga bisa menghindari insomnia.

Pola tidur yang buruk dan juga tidak tetap atau sering berubah-ubah dapat menjadi pemicu insomnia, karena mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Hal ini juga akan memengaruhi siklus tidur dan bangun pada pagi hari.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Sebab, apabila tubuh mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur.

Selain minuman berkafein, hindari minum minuman beralkohol yang dapat membuat tubuh merasa lelah dan pusing pada keesokan hari.

4. Membuat Suasana Nyaman

Suasana kamar yang tidak nyaman dapat memicu insomnia pada diri seseorang. Hal ini kerap terjadi karena tubuh serta pikiran membutuhkan suasana yang nyaman dan tenang.

Apabila insomnia terjadi secara berkepanjangan, cobalah untuk mengubah pengaturan kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup. Anda juga dapat mencoba mengatur suhu kamar agar tubuh terasa lebih hangat.(Anggie/kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *