4 Makanan Enak yang Dilarang di Berbagai Negara, Indonesia Salah Satunya

  • Bagikan

Kenali.co.id,-JAKARTA – Beberapa makanandilarang dikonsumsi di berbagai negara. Termasuk salah satunya di Indoensia. Padahal, makanan ini memiliki rasa yang enak dan menggoyang lidah.

Alasannya larangan ini pun beragam. Mulai dari untuk kesehatan hingga latar belakang sejarah yang dipercaya masyarakat setempat. Lalu makanan apa saja itu?

Berikut makanan enak yang dilarang di berbagai negara seperti dikutip dari Travelingyuk, Kamis (4/11/2021).

1. Keripik – Kanada

Keripik dilarang dikonsumsi di Kanada. Namun bukan sembarang keripik, melainkan keripik dengan kandungan olestra yakni pengganti lemak sintetis. Bahan ini dilarang karena dapat mencegah tubuh menyerap zat dan vitamin sehingga menyebabkan masalah perut.

2. Permen Karet – Singapura

Singapuramelarang warganya mengunyah, menjual, mengimpor atau membawa permen karet. Sedangkan membuang ludah permen karet dianggap sebagai kejahatan terberat. Namun, pada awalnya pemerintah Singapura tidak pernah melarang warganya mengkonsumsi permen karet.

Pada 1980-an, pemerintah Singapura terpaksa menerapkan peraturan ini lantaran kesulitan mengatasi masalah buang sampah permen karet. Masalah ini pertama kali diketahui dari kerusakan sistem pintu MRT, yang mana banyak warga menempelkan permen karet di pintu MRT.

3. Samosa – Somalia

Samosa dilarang dikonsumsi dan beredar di Somalia. Makanan yang terbuat dari tepung, daging atau sayuran ini dilarang masuk ke Somalia karena bentuknya. Samosa dianggap sebagai simbol Kristen ke Al-Shabaab, yang menyerupai Kristen Holy Trinity. Oleh karena itu, Somalia melarang samosa sejak 2011.

4. Lele – Indonesia

Di Indonesia, tepatnya Lamonganterdapat sebuah larangan untuk warganya konsumsi ikan lele. Ini karena sejarah Bayapati atau suruhan dari Sunan Giri sempat diselamatkan oleh ikan lele saat dikejar warga yang mengira dirinya maling.

Padahal, Bayapati hanya mengambil senjata milik Sunan Giri yang tertinggal. Sejak saat itu, Bayapati dan semua turunannya berjanji tidak makan lele. Jika melanggar, tubuhnya akan gatal dan keluar bintik putih layaknya lele.(Riani/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *