4 Pelatih Lokal Timnas Indonesia, Nomor 1 Nyaris Tembus Piala Dunia

  • Bagikan

Kenali.co.id, – Belakangan PSSI cenderung menggunakan jasa pelatih asing untuk menangani Timnas Indonesia. Di masa lalu, ada cukup banyak pelatih lokal yang dianggap menorehkan tinta emas.

Selama lebih dari 80 tahun dunia sepak bola Indonesia terbentuk, terdapat sekitar 40 nama pelatih yang telah silih berganti menangani tim nasional. Dalam dua dekade terakhir, nama-nama itu didominasi pelatih asing.

Nyatanya, beberapa nama pelatih lokal pernah unjuk gigi saat membesut Timnas Indonesia. Dari sekian banyak pelatih lokal, berikut 4 sosok yang terbilang punya prestasi bagus.

1. Endang Witarsa

Endang Witarsa merupakan salah satu nama pelatih yang andil dalam kesuksesan Timnas Indonesia pada tahun 70-an. Di bawah asuhannya, Timnas Indonesia berhasil meraih beberapa prestasi, di antaranya Kings Cup di Thailand pada 1968 dan Merdeka Games yang digelar di Malaysia pada 1970.

Timnas Indonesia juga menjadi juara Piala Anniversary 1972 di Jakarta, mengalahkan Korea Selatan. Selain itu, Ia juga dikenal lantaran memopulerkan pakem 4-2-4.

Endang Witarsa kemudian tercatat berhasil merengkuh lima gelar juara selama melatih Timnas Indonesia. Torehan itu bahkan belum bisa disamai pelatih lain sampai saat ini.

2. Bertje Matulapelwa

Bertje Matulapelwa adalah tokoh yang berhasil mengantarkan Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1987. Itu merupakan gelar perdana di SEA Games untuk Indonesia.

Keahliannya adalah menonjolkan bakat masing masing individu dan menyatukan mereka ke dalam satu tim yang solid. Hal ini menjadikan permainan Timnas Indonesia pada periode itu dikenal sangat kompak sulit ditebak.

3. Nandar Iskandar

Sebelum melatih Timnas Indonesia, Nandar Iskandar pernah berkarier sebagai pelatih Persib Bandung dan membawa klub tersebut menjuarai kompetisi Perserikatan dan Piala Sultan Hassanal Bolkiah II 1986.

Akibat prestasinya ini, Ia ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada periode 1999-2000 dan berhasil membawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2000 di Lebanon. Selain itu, Ia juga membawa gelar Piala Kemerdekaan 2000 untuk Indonesia dan membawa Timnas bermain di final Piala AFF.

4. Sinyo Aliandoe

Sinyo Aliandoe disebut-sebut sebagai juru taktik terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Berkat tangan dinginnya, Timnas Indonesia bahkan nyaris lolos ke Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Saat di kualifikasi Piala Dunia 1986, Sinyo Aliandoe secara mengejutkan sanggup membawa Timnas Indonesia singkirkan Thailand, India dan Bangladesh di fase grup. Prestasi itu membuat Timnas Indonesia lolos ke kualifikasi selanjutnya.

Sayang, Timnas Indonesia saat itu harus kalah agregat 1-6 dari Korea Selatan. Padahal tinggal 2 langkah lagi kita bisa lolos ke Piala Dunia. Apa yang dilakukan Sinyo Aliandoe pun disebut sangat spesial karena nyaris membawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia 1986.(Riani/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *