4 Tanda Produk Sunscreen Tidak Cocok dengan Kulit, Selalu Perhatikan Reaksi dari Kulitmu!

4 Tanda Produk Sunscreen Tidak Cocok dengan Kulit, Selalu Perhatikan Reaksi dari Kulitmu!

KENALI.CO.ID, KECANTIKAN – Setiap orang pastinya memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda. Begitu juga dengan reaksi kulit terhadap penggunaan skincare. Produk skincare dengan bahan yang cocok bagi seseorang belum tentu cocok bagi yang lainnya. Oleh karena itu, mengenali tipe kulit perlu untuk diperhatikan secara saksama. Sama halnya ketika sedang mencoba produk baru, mengujinya terlebih dahulu selama beberapa hari perlu untuk dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kecocokan zat yang terkandung dalam skincare dengan kulit.

Meski sedang tidak berada dalam cuaca panas, sunscreen tetap memegang peranan penting bagi kesehatan kulit, lho. Pasalnya, untuk mencegah risiko kulit yang buruk, sunscreen bisa tetap digunakan. Bahkan, wajib diaplikasikan kembali secara rutin. Akan tetapi, sangat penting untuk menemukan sunscreen yang bisa bekerja secara maksimal. Dengan kata lain, produk tersebut harus cocok dengan kulitmu. Maka dari itu, perhatikan tanda-tanda berikut ini untuk segera menghentikan penggunaan sunscreen yang tidak sesuai:

1. Kulit Gatal, Merah, dan Iritasi

Produk skincare, seperti sunscreen akan mengandung banyak bahan berbeda. Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan reaksi yang tidak sama. Jika Sahabat Fimela menyadari bahwa kulit menjadi merah, gatal, hingga iritasi setelah mengoleskannya. Maka, reaksi tersebut bisa menjadi peringatan bahwa sudah saatnya mengganti produk sunscreen dengan yang baru. Tak jarang, kulit pun akan terasa sensitif terhadap bahan wewangian. Oleh karena itu, selalu perhatikan kandungan bahan dan kondisi kulit setiap kali mencoba produk skincare.

2. Kulit Menjadi Lebih Berminyak

Produk sunscreen yang tidak cocok bisa membuat wajah menjadi lebih berminyak dibandingkan biasanya. Bahan di dalam produk tersebut dapat mengikis lapisan pelindung dan kelembapan alami kulit. Akibatnya kulit akan menstimulasi kondisi tersebut dengan memproduksi lebih banyak minyak. Secara lebih lanjut, kulit yang terlalu berminyak ini bisa membuat timbulnya jerawat.

Baca Juga :  Hari Pelayanan KB Sejuta Akseptor Tahun 2021

3. Menimbulkan Jerawat

Bila muncul terlalu banyak jerawat setelah menggunakan suatu produk, maka sudah menjadi pertanda buruk untuk segera menghentikannya. Kemungkinan besar produk sunscreen tersebut tidak memiliki kecocokan dengan tipe kulitmu. Sunscreen tidak bekerja secara maksimal dan justru dapat menimbulkan efek sebaliknya.

Terdapat jenis sunscreen yang dapat menimbulkan jerawat bahkan memperburuk kulit berjerawat sehingga makin meradang. Contohnya seperti chemical sunscreen yang bekerja dengan menyerap sinar UV matahari dan mengubahnya menjadi panas. Selain itu, juga terdapat bahan aktif pada sunscreen yang bersifat komedogenik sehingga dapat menyumbat pori-pori

Oleh karena itu, bahan kimia pada sunscreen ini dapat memicu iritasi hingga menyebabkan lebih banyak jerawat. Akan lebih baik jika kamu dapat menggunakan physical sunscreen dengan bahan yang lebih ringan dan aman di kulit.

4. Kulit Terasa Terbakar

Sensasi terbakar atau perih juga dapat dirasakan apabila menggunakan produk yang tidak sesuai dengan kulit. Ini menjadi peringatan bahwa kulit tidak bereaksi dengan baik pada produk tersebut. Beberapa produk bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Carilah produk sunscreen dengan bahan yang lebih lembut.

Untuk menghindari hal ini terjadi, sangat penting untuk melakukan uji coba pada area kecil tubuh sebelum mengaplikasikannya pada seluruh wajah. Tunggu selama beberapa jam dan hentikan penggunaan jika muncul reaksi yang tidak diinginkan.

Melalui tanda-tanda berikut kamu bisa lebih memperhatikan kondisi kulit dan menghentikan produk skincare yang tidak bekerja secara maksimal. Rasa gatal, kemerahan, iritasi, dan terbakar juga bisa menjadi tanda dari alergi sunscreen. Gunakan produk yang sesuai agar kulit tetap sehat, kencang, dan bercahaya.

(*ENI/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG: https://www.fimela.com

Baca Juga :  Aman Dicoba, Begini Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Sampai Tuntas

DENGAN JUDUL: https://www.fimela.com/beauty/read/5470042/4-tanda-produk-sunscreen-tidak-cocok-dengan-kulit-selalu-perhatikan-reaksi-dari-kulitmu