4 Tips Wisata ke Ranu Regulo di Lumajang, Tentukan Waktu Berkunjung

  • Bagikan
info seputar jambi

kenali.co.id, WISATA – Ranu Regulo di Lumajang, Jawa Timur, menawarkan pengalaman berkemah dengan pemandangan danau dan hutan.

Lokasi awal yang akan didatangi oleh wisatawan sebelum sampai di Ranu Regulo yaitu Ranupani. Dari Ranupani wisatawan akan jalan kaki sekitar 400 meter menuju Ranu Regulo.

Adapun setiap wisatawan yang datang ke Ranu Regulo wajib membeli tiket masuk mulai Rp 19.000. Bila ingin berkunjung ke Ranu Regulo, simak sejumlah tips yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Semeru Wilayah 2, Lumajang,berikut ini:

1. Bawa bekal

Ilustrasi berkemah sembari masak bersama.

Selain melihat pemandangan, salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat berkemah di Ranu Regulo yaitu makan bersama.

Khusus untuk keperluan makan selama di Ranu Regulo, Wisnu menyarankan agar wisatawan membawa bekal makanan sendiri dari rumah untuk menghemat biaya.

2.membeli makanan di warung warga

Danau di Ranu Regulo, Lumajang, Jawa Timur.

Apabila tidak membawa bekal, wisatawan bisa membeli makanan di warung warga yang dekat dari lokasi berkemah.

“Dari survei saya di warung-warung dekat sana (Ranu Regulo), harga makanan Rp 15.000 per porsi. Ini makannya di warung makan warga ya,” katanya.

Lokasi ke warung makan warga dari lokasi perkemahan berjarak sekitar 400 meter.  Menurut perhitungan Wisnu, bujet untuk wisatawan yang beli makanan di warung selama satu malam yakni sekitar Rp 45.000. Perhitungan ini sudah termasuk makan pagi, makan siang, dan makan malam.

3.Tentukan waktu berkunjung

Ilustrasi foto di Ranu Regulo.

Waktu berkunjung ditentukan oleh tujuan kunjungan setiap wisatawan. Apabila wisatawan datang untuk sekadar menikmati suasana, Wisnu menyarankan untuk datang sebelum sore hari.

Sementara itu, wisatawan yang ingin berkemah pada malam hari dan menikmati suasana danau pada malam hari, sebaiknya datang saat siang atau sore hari. “Camping (berkemah) yang dimaksud di sini bukan hanya bermalam, tapi mendirikan tenda dari pagi sampai sore pun juga dihitung camping,” ucapnya.

4.Taati peraturan

Ilustrasi foto di Ranu Regulo.

Ketika seseorang datang ke suatu tempat yang baru, ia wajib menaati peraturan yang ada. Hal yang sama berlaku di Ranu Regulo. Area hutan dan danau di Ranu Regulo masih terjaga dan alami.

Oleh karena itu, wisatawan wajib mematuhi aturan guna melindungi ekosistem. Beberapa aturan yang harus ditaati, antara lain tidak boleh menggunakan air danau untuk keperluan apa pun atau membawa air tersebut pulang.

“Kearifan lokal di sana (Ranu Regulo) perlu dijaga, Kalau di danau ada ikan, ikan tersebut tidak boleh dibawa pulang. Ada rambu-rambu yang tidak boleh dilalui oleh pengunjung,” katanya.

5.Jaga kebersihan

Ranu Regulo, kawasan wisata di Ranupani.

Petugas menegaskan bahwa wisatawan yang datang ke Ranu Regulo wajib menaati aturan yang berkaitan dengan kebersihan.

“Begitu mereka buka tenda, kami akan cek, kalau masih ada sampah, kami minta mereka membawa (sampah tersebut) ke tempat sampah,” Petugas. *fariel/kenali.co.id


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *