5 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba, Dijamin Nagih!

  • Bagikan

Kenali,co.id,-JAKARTA – Balimemiliki kuliner khasyang wajib dicoba dan membuat ketagihan. Kulinerini dapat dengan mudah Anda temukan mulai dari penjaja makanan di pinggir jalan, hingga restoran mewah.

Pastinya, jika Anda menyantap makanan khas Bali saat berkunjung ke sana, liburan jadi lebih berkesan. Berikut lima makanan khas Bali yang wajib dicoba dikutip dari Indonesia Travel, Sabtu (9/10/2021).

1. Ayam Betutu

Betutu adalah hidangan khas Bali yang terdiri dari ayam atau bebek kukus atau panggang yang diperkaya dengan campuran rempah-rempah. Hidangan ini sangat populer di Bali dan Lombok.

Campuran bumbu Betutu terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, cabai, terasi dan kacang tanah, ditumbuk halus menggunakan lesung dan alu. Campuran tersebut kemudian ditumis dan dioleskan ke ayam atau bebek.

2. Sate Lilit

Sate Lilit adalah varian sate dari masakan Bali. Terbuat dari daging babi cincang, ikan, ayam, sapi atau bahkan daging penyu, yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa, santan kental, air jeruk lemon, bawang merah, dan merica.

Daging cincang yang sudah dibumbui dililitkan pada batang bambu, tebu atau serai, kemudian dibakar di atas arang. Istilah lilit berarti membungkus, yang sesuai dengan metode pembuatannya dengan cara melilitkan dagingnya daripada menusuknya.

3. Tipat Cantok

Tipat Cantok adalah makanan khas yang dapat ditemukan hampir di mana saja di Bali. Makanan ini terbuat dari campuran sayuran kukus yakni teratai, kacang panjang, dan tauge dengan lontong yang dicampur dengan saus kacang.

Terkadang, orang Bali menambahkan kecap manis di atasnya untuk menambah rasa manis pada hidangan ini. Tipat Cantok dapat ditemukan di warung-warung kecil lokal Bali tetapi jarang ditemukan di restoran besar.

4. Bubur Injin

Bubur Injin adalah puding beras hitam khas Bali. Ini salah satu makanan penutup khas Bali yang terkenal. Mudah dibuat dan enak untuk dinikmati.

Makanan ini terbuat dari beras hitam yang dicampur dengan ketan untuk mendapatkan konsistensi dan tekstur yang halus, dimaniskan dengan gula aren, dan disiram kuah kelapa.

5. Rujak Bulung

Rujak Bulung atau rumput laut adalah salah satu hidangan favorit masyarakat Bali. Menemukan Rujak Bulung tidak terlalu sulit karena dapat dengan mudah ditemukan di banyak warung yang menjual masakan lokal Bali.

Selain karena rasanya yang menggugah selera, orang Bali umumnya memakan hidangan ini ketika sedang mengalami mual karena dipercaya bisa menghilangkan mual dan muntah.(Riani/Kenali,co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *