5 Makanan yang Dapat Kurangi Risiko Kanker Payudara

  • Bagikan

Kenali.co.id, JAKARTA – Kanker payudara merupakan penyakit yang ditakuti oleh banyak wanita karena setiap wanita beresiko terkena penyakit ini. Selain itu, kanker payudara juga merupakan penyakit yang dapat mengancam komplikasi, bahkan menyebabkan kematian. Jadi, perawatan dini diperlukan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan kanker payudara, sehingga Anda perlu menerapkan pola makan yang sehat agar terhindar dari kanker payudara.

Selain menerapkan pola makan yang sehat, Anda juga perlu menjaga asupan nutrisi agar dapat mengatasi efek samping dari pengobatan yang harus Anda jalani, serta dapat mengurangi risiko infeksi dan menambah energi bagi tubuh.

Tidak ada kata terlambat jika Anda masih bisa mencobanya, oleh karena itu Anda bisa mengonsumsi beberapamakanan yang dapat menurunkan risiko kanker payudara. Berikut 5 makanannya:

1. Sayuran Hijau
Sayuran hijau merupakan makanan yang baik untuk penderita kanker payudara karena mengandung antioksidan dan serat yang tinggi, sehingga dapat melawan efek radikal bebas yang dapat merusak sel dan memicu kanker. Sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi adalah bayam, selada, dan lobak.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran berbonggol, yaitu kembang kol, sawi, dan kol hijau. Beberapa makanan tersebut mengandung glukosinolat dan antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan DNA dan menghambat pembentukan tumor yang dapat memicu metastasis.

2. Ikan Salmon
Ikan salmon mengandung omega-3 yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya dapat mengurangi kepadatan payudara pada wanita pasca menopause dan obesitas, sehingga dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara kanker payudara.

3. Apel Merah
Selanjutnya, Anda bisa makan apel untuk mengurangi risiko kanker. Hal ini dikarenakan, apel mengandung senyawa triterpenoid dan fitokimia yang dapat menghambat pertumbuhan tumor pada sel kanker payudara.

4. Wortel dan Tomat
Wortel dan tomat merupakan buah yang mengandung karotenoid paling tinggi. Kandungan ini mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Karotenoid adalah zat yang dapat ditemukan di banyak buah dan sayuran lainnya, seperti jeruk, jambu biji, mangga, dan semangka.

5. Macam-macam Jenis Berry
Buah lain yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi risiko kanker payudara. Buah beri, seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan cranberry mengandung senyawa antosianin dan flavonoid yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel serta memiliki sifat anti inflamasi dan anti tumor yang dapat menghambat penyebaran sel kanker.(Anggie/kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *