5 Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan Kulit, Bisa Digunakan untuk Perawatan Wajah!

5 Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan Kulit, Bisa Digunakan untuk Perawatan Wajah!

KENALI.CO.ID, KECANTIKAN – Siapa sangka bahwa air untuk merendam beras yang biasanya di buang begitu saja, ternyata punya banyak kegunaan untuk kesehatan. Bahkan, berpotensi untuk di gunakan dalam perawatan kulit. Kaya akan nutrisi, air beras yang bisa disebut sebagai air tajin ini tentunya sangat mudah untuk didapatkan di rumah. Apalagi, setiap hari, kamu akan menggunakan air tajin atau air beras sebelum memasak nasi. Praktis dan tanpa biaya, cairan ini bisa di manfaatkan selama sekali atau dua kali dalam seminggu untuk kesehatan kulit.

Penggunaan air tajin termasuk ke dalam praktik perawatan kulit yang telah di lakukan oleh wanita Jepang dan Korea, lho. Air beras di gunakan sebagai produk perawatan kulit dan rambut selama berabad-abad. Lantas, manfaat apa saja yang bisa di dapatkan dari air tajin untuk kecantikan kulit? Di ketahui dari beberapa sumber, berikut untuk uraiannya secara lebih mendalam:

Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan Kulit

1. Mengurangi Munculnya Tanda Penuaan Dini

Air beras atau air tajin mengandung antioksidan yang bisa menghambat aktivitas enzim yang merusak elastin. Elastin merupakan protein yang di produksi secara alami oleh tubuh dan bertanggung jawab untuk memberikan kekuatan dan menjaga elastisitas kulit. Belum lagi dengan kandungannya yang kaya akan asam amino di lengkapi oleh antioksidan dan mineral.

Dengan demikian, komponen yang ada di dalam air beras tersebut bisa memperlambat proses penuaan kulit. Kekuatan hidrasi yang ada pada air tajin bisa meminimalisir kerutan dan mengencangkan kulit. Apalagi, jika masalah garis-garis halus dan keriput tersebut bisa tiba-tiba datang menampakkan diri seiring bertambahnya usia.

2. Membantu dalam Mencerahkan Kulit

Menyimpan senyawa antioksidan dan mempertahankan hidrasi, air tajin juga dapat mencerahkan kulit. Di lansir dari Healthshots, fungsi lainnya yang bisa kamu peroleh dari penggunaan air beras ini adalah meratakan warna kulit. Air beras bisa mempertahankan kesehatan kulit agar tampak bersih, halus, dan bercahaya.

Baca Juga :  Cek Endra- Ratu Munawaroh akan Tingkatkan IPM Jambi Mendekati Nasional

Di tambah lagi, orang-orang di Korea dan Jepang pun telah menggunakan bahan ini untuk mencerahkan kulit karena dapat memudarkan noda, bintik hitam, dan pigmentasi apabila di gunakan secara teratur.

3. Mempertahankan Skin Barrier

Lapisan terluar kulit atau di sebut sebagai skin barrer mempunyai peranan utama dalam meminimalisir munculnya masalah kulit di wajah. Secara alami, kandungan pati pada air tajin dapat melindungi kulit dan memperbaiki skin barrier. Di ketahui dari style craze, air tajin juga berfungsi dalam mengatasi eksim, ruam, dan peradangan.

4. Meredakan Kulit yang Terbakar

Menggunakan air beras bisa memberi sensasi yang menenangkan. Sama halnya pada kondisi kulit yang terbakar dengan ringan. Kulit yang kemerahan, peradangan, dan gatal-gatal ini bisa di obati dengan memanfaatkan air tajin.

Efek mendinginkan pada kulit tersebut juga bisa meredakan kulit yang terbakar dan mengurangi warna kecoklatan. Secara lebih lanjut, air tajin ini akan mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

5. Mengurangi Minyak yang Berlebihan

Membersihkan wajah dengan air tajin akan membuat kulit halus dan lembut, apalagi wajah tampak tidak terlalu berminyak. Astringen alami yang terdapat dalam air tajin akan membantu dalam mengurangi produksi minyak yang berlebihan, mengecilkan pori-pori, mencegah produksi sebum, hingga menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

 

Itulah manfaat yang bisa di dapatkan dari penggunaan air tajin untuk kecantikan. Sahabat Fimela bisa menggunakannya dengan merebus air beras terlebih dahulu, merendam air beras dalam air, atau membuat air beras fermentasi. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

(*FITRI/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG : https://www.fimela.com/beauty/read/

DENGAN JUDUL : https://www.fimela.com/beauty/read/5479260/5-manfaat-air-tajin-untuk-kecantikan-kulit-bisa-digunakan-untuk-perawatan-wajah?page=2