5 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan, Jika di Jadikan Masker akan Memperlambat Penuaan Kulit

5 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan, Jika di Jadikan Masker akan Memperlambat Penuaan Kulit

KENALI.CO.ID, KECANTIKAN – Manfaat kunyit untuk kecantikan kulit ternyata banyak, lho.

Kunyit adalah salah satu tubuhan herbal yang berkembang di dalam tanah, biasanya kunyit di gunakan untuk bumbu masak ataupun bisa di buat jamu untuk kesehatan.

Tetapi, tahukah kamu jika kunyit ini dapat di pakai menjadi masker wajah?

Manfaat kunyit untuk kecantikan kulit ternyata banyak, lho. Selain bisa di konsumsi, kamu juga bisa memakainya untuk perawatan kulit.

Bahan alami ini sudah di kenal sejak dulu oleh para nenek moyang untuk jamu atau bisa di jadikan andalan untuk perawatan kulit di wajah, manfaat kunyit banyak baik dalam maupun dari luar.

Saat ini, tidak sedikit masker wajah yang menambahkan kunyit di dalamnya. Tanaman ini memiliki kandungan kurkumin dengan sifat anti radang dan antioksidan.

Kandungan tersebut memberikan segudang manfaat untuk kulit wajah. Di bawah ini manfaat dari masker kunyit yang bisa kamu peroleh:

5 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan, Jika di Jadikan Masker akan Memperlambat Penuaan Kulit

1. Memperlambat Munculnya Penuaan Kulit

Kulit sering terpapar sinar UV dan polusi lingkungan sampai akhirnya mulai kehilangan elastisitas. Hal ini menyebabkan muncul tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, bintik penuaan dan lainnya.

Termasuk dengan paparan radikal bebas yang merusak sel kulit dan mempercepat proses penuaan. Nah, manfaat kunyit untuk kecantikan kulit juga termasuk mengatasi masalah ini.

Ada kandungan bernama curcumin yang menjadi senyawa antioksidan tinggi untuk meningkatkan produksi kolagen dan memperkuat elastisitas kulit sehingga tanda penuaan bisa di minimalisir.

2. Mengobati Jerawat

Berikutnya, ada manfaat kunyit untuk kecantikan kulit berupa mengatasi jerawat. Jerawat terjadi akibat bakteri Cutibacterium acnes.

Baca Juga :  Begini Cara Memilih dan Menggunakan Face Mist untuk Kecantikan

Pada studi di PharmaTutor menunjukkan bahwa kurkumin di dalam kunyit memiliki sifat antioksidan kuat yang bisa melawan acne vulgaris.

Selain itu, manfaat kunyit ini juga di dapatkan karena sifat anti-inflamasi kunyit yang akan mengurangi peradangan kulit dan akhirnya menyembuhkan jerawat.

3. Menyamarkan noda bekas jerawat

Jerawat yang baru saja sembuh atau kempes kerap kali meninggalkan bekas noda hitam pada kulit muka.

Tetapi, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu dapat menyamarkannya dengan menggunakan masker alami dari kunyit secara konsisten dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Terdapat riset dari Journal of Clinical Aesthetic Dermatology (2018) memperlihatkan jika penggunaan masker kunyit selama 4 minggu bisa membantu menyamarkan noda bekas jerawat sampai 14%.

Dalam studi ini menunjukkan jika kurkumin bersifat antioksidan yang dapat menurunkan paparan radikal bebas pada kulit karena jerawat. Dampaknya, noda hitam menjadi berkurang.

5 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan, Jika di Jadikan Masker akan Memperlambat Penuaan Kulit

4. Membantu mencerahkan wajah

manfaat dari tumbuhan berwarna kuning ini bersumber dari kandungan kurkumin.

Di lansir dari studi yang di rilis Frontiers in Pharmacology (2021), kurkumin memiliki potensi untuk menghambat aktivitas dari enzim yang mendorong produksi melanin yang merupakan pewarna kulit alami.

Kurkumin menjadi bahan alami untuk membantu mencerahkan kulit sebab dapat menekan terbentuknya melanin di sel permukaan kulit. Semua cara kerja tersebut membantu menjadikan kulit mu tidak tampak kusam.

5. Baik untuk Kulit Berminyak

Produksi berlebihan sebum dan minyak oleh kelenjar sebaceous adalah alasan utama untuk kulit berminyak.

Jadi, seseorang harus menjaga wajah agar tidak terkena minyak berlebih dengan membersihkannya secara teratur.

Kunyit di kenal untuk mengatur produksi sebum yang berlebihan dan karena itulah manfaat masker kunyit untuk wajah dapat berguna untuk merawat kulit berminyak.

Baca Juga :  Ditreskrimsus Tangkap Oknum Polisi Pelaku Illegal Drilling

Perpaduan masker kunyit yang cocok untuk kulit berminyak adalah bersama bubuk cendana. Bubuk cendana di perkaya dengan beberapa mineral yang bisa meresap ke dalam kulit.

Bubuk cendana juga bisa menjadi exfoliator yang baik.

Jika kamu ingin lebih praktis, maka kamu dapat memakai masker kunyit siap pakai yang sudah banyak di jual di pasaran.

Selain memudahkan, kamu juga tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya sebab hanya tinggal memberikan air saja.

Nah, itu dia segudang manfaat kunyit untuk wajah yang bisa kamu peroleh dengan memakai masker kulit dengan rajin dan konsisten agar bisa mendapatkan manfaat yang sangat maksimal untuk kulit wajah mu.

 

 

(*FITRI/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG : https://okutimurpos.disway.id/read/

DENGAN JUDUL : https://okutimurpos.disway.id/read/645772/5-manfaat-kunyit-untuk-kecantikan-jika-di-jadikan-masker-akan-memperlambat-penuaan-kulit/30