5 Masjid Terindah di Eropa, Wisata Religi yang Menarik di Luar Negeri

  • Bagikan
info seputar jambi

kenali.co.id, WISATA – Masjid menjadi salah satu bangunan terpenting bagi umat Islam. Tak hanya digunakan untuk shalat saja, tapi rumah ibadah satu ini juga difungsikan sebagai kegiatan agama lainnya yang tentunya berkaitan dengan Islam.

Eropa sebagai bagian benua terbesar di dunia, juga terdapat beberapa masjid yang terkenal dan memiliki arsitektur yang indah. Bahkan sebagian memiliki sejarah yang sangat penting, berkaitan dengan muslim di Eropa.

Lalu di mana saja masjid-masjid di Eropa yang dikenal cantik dan memiliki nilai sejarah tentang peradaban Islam? Berikut 5 di antaranya sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

1. Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea

10 Masjid Megah di Benua Eropa

Selama ini Italia terkenal dengan Colosseum sebagai salah satu banguna bersejarahnya. Ternyata di negara dengan mayoritas penduduk beragama Katholik ini terdapat masjid yang megah.

Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea namanya. Menariknya, arsitektur dari masjid ini berbentuk gaya Romawi Kuno. Masjid estetik ini menjadi pusat kebudayaan Islam di Italia, jika ke negara ini jangan lupa mampir.

2. Islamisches Zentrum Wien

Wien - Islamisches Zentrum Wien, Große Moschee

Wina, Austria juga memiliki masjid yang tak kalah unik. Islamisches Zentrum Wien namanya, bangunannya megah dan jadi Islamic atau studi keIslaman Center di negara tersebut.

Islamisches Zentrum Wien didominasi dengan warna putih, arsitekturnya didesain perpaduan Timur Tengah dan Eropa. Memiliki menara setinggi 32 meter, terdapat tiga lantai dan mampu menampung kurang lebih sebanyak 2000 jamaah.

3. Cologne Central Mosque

Keunikan Masjid Agung Koln di Jerman

Jerman dikenal dengan negara yang memengaruhi keadaan perekonomian/bursa saham dunia. Negara ini juga dikenal melahirkan ilmuan, teknologi, hingga prestasi di dalam bidang olahraga.

Namun ternyata Jerman juga punya masjid yang menarik lho, yaitu Cologne Central Mosque namanya. Uniknya masjid ini memiliki bangunan futuristik, karena bentuk kubahnya sangat modern. Selain itu, bangunan yang sebagian besar dari bahan kaca ini mampu menampung 10.000 jamaah.

4. London Central Mosque

London Central Mosque | Friends Of Regent's Park

London dikenal dengan bangunan-bangunan uniknya, hingga menjadi salah satu kota metropolitan di Eropa. Namun di balik itu semua, ada London Central Mosque yang menjadi tempat persinggahan umat Islam di kota tersebut. London Central Mosque berlokasi di Regent’s Park atau berada di sekitar kawasan elit di sana.

Masjid ini khusus dibangun oleh pemerintah setempat, sebagai tanda terima kasih kepada umat Islam yang telah membantu pasukan inggris di perang dunia 2. London Central Mosque saat ini menjadi pusat kegiatan keislaman, disana terdapat perpustakaan dan pusat layanan tentang keislaman.

5. Moscow Cathedral Mosque

Moscow Cathedral Mosque

Moskow, di negara komunis ini ternyata memiliki masjid megah yang bernama Moscow Cathedral Mosque yang berlokasi di Rusia, atau letaknya ada di sebelah stadion Olimpiade bernama Katedral.

Hal ini karena masyarakat Moskow mayoritas beragama Kristen ortodox yang menyebut tempat ibadah mereka Katedral. Kemudian di dalam masjid ini terdapat fasilitas yakni ada perpustakaan, pendidikan Islam, dan bangunan modern seperti lift untuk kaum disabilitas.fariel/kenali.co.id


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *