6 Kerajaan dan Peradaban yang Hilang Misterius

  • Bagikan
Hilang
Peninggalan peradaban Maya, salah satu kebudayaan yang hilang misterius.

Kenali.co.id, SEJARAH Sepanjang perjalanan sejarah manusia, peradaban besar telah dibangun dan berkembang. Namun ada beberapa peradaban yang awalnya berjaya yang kemudian jatuh dan beberapa diantaranya menghilang. Dikutip dari laman Britanica berikut kerajaan dan peradaban yang sempat maju, berjaya, namun hilang begitu saja.

6 Kerajaan dan peradaban yang hilang misterius

1. Maya

Kerajaan Maya terletak di Semenanjung Yucatán, Guatemala modern, Belize, dan sebagian Meksiko. Peradaban Maya menjadi peradaban paling dominan pada masanya. Peradaban Maya cukup maju karena terampil menggunakan matematika yang kompleks.

Kemudian peradaban Maya mengalami keterpurukan pada 900 masehi (M). Menurut para arkeolog, peradaban Maya adalah korban perang dan perubahan iklim yang mengakibatkan kelaparan dan menipisnya sumber daya.

2. Kerajaan Khmer

Kerajaan Khmer juga terletak di Kamboja dengan Angkor adalah salah satu kota terbesar. Kota ini memiliki peradaban yang baik dengan sistem jalan dan kanal yang luas. Populasi kota Angkor diperkirakan mencapai satu juta orang.

Kerajaan Khmer berada pada puncaknya antara 1000 dan 1200 M. Para ahli tidak yakin apa yang menyebabkan peradaban dan kerajaan Khmer menghilang. Dugaan sementara berkisar perang hingga bencana lingkungan yang meluluhlantakkan Khmer

3. Peradaban Indus

Peradaban Indus, juga dikenal sebagai peradaban Harappa, adalah salah satu yang terbesar dalam sejarah kuno. Peradaban ini terletak di India, Pakistan, dan Afghanistan dan berisi sebanyak lima juta orang.

Pada masa kejayaannya peradaban ini memiliki arsitektur yang mengesankan di dunia dan menghilang sekitar 3000 tahun lalu. Diperkirakan alasannya adalah perubahan iklim yang mengakibatkan kekeringan dan kelaparan.

4. Pulau Paskah

Lokasi peradaban ini terkenal dengan kepala batu besar yang melapisi pantainya. Pulau Paskah atau Rapa Nui adalah rumah bagi peradaban Polinesia yang berkembang yang pertama kali mendiami pulau itu sekitar tahun 700 M.

Penduduk pulau ini adalah seorang navigator laut yang terampil dan menunjukkan kemampuan canggih lainnya. Ada berbagai dugaan penyebab hilangnya peradaban ini mulai dari kehabisan sumber daya alam, penyakit, hingga faktor lain.

5. Catalhoyuk

Turki selatan dan tengah pernah menjadi rumah bagi salah satu kota tertua di dunia yaitu Catalhoyuk. Kota ini menjadi peradaban yang kuat dan berkembang antara 9.000 dan 7.000 tahun yang lalu dan kemudian tiba-tiba menghilang.

Yang membuat Catalhoyuk unik adalah struktur bangunan yang seperti sarang lebah, rumah-rumah dibangun bersebelahan dan masuk melalui lubang di atap, diakses melalui tangga dan jalur udara. Meski peradabannya sudah hilang, Catalhoyuk meninggalkan jejak yang menjelaskan kehidupannya di masa lampau.

6. Orang-orang Missisippi

Peradaban maju lain yang menghilang misterius adalah Orang-orang Mississipi atau Mississipians. Peradaban ini dikenal dengan kehidupan agraris masyarakatnya, yang mengandalkan sektor pertanian.

Salah satu kota terbesar mereka, Cahokia, terletak di dekat Collinsville modern, Illinois. Cahokia memiliki alun-alun pusat besar, piramida tanah besar, dan struktur kayu yang bentuknya mirip dengan Stonehenge yang digunakan untuk melacak bintang-bintang.

Populasi dari Cahokia sendiri mencapai 40.000 orang dan banyak yang tinggal di desa-desa di luar kota utama. Diduga penyebab hilangnya peradaban Missisipi adalah rusaknya lingkungan, penyakit, dan sanitasi yang buruk. (Dhea/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *