6 Oleh-oleh Serba Manis Khas Jambi !

Kenali.co.id,Jambi – Oleh-oleh, Berkunjung ke Jambi, kamu bisa menemukan banyak wisata yang menarik. Seperti Danau Sipin, Kebun Teh Kayu Aro, atau mendaki Gunung Kerinci. Selain punya wisata yang beragam, Jambi juga menawarkan ragam kuliner khas. Makanan serba manis salah satunya.

1. Dodol nanas Dodol nanas merupakan salah satu makanan khas Jambi yang seringkali dijadikan oleh-oleh khas.

Dodol Nanas Jambi, Asam, Manis dan Kenyal-kenyil

Memiliki rasa yang manis, dodol ini tidak menggunakan bahan pemanis tambahan dan bahan pengawet. Kendati demikian, dodol nanas dapat bertahan dengan lama, sehingga tidak perlu khawatir akan rusak dijalan.

2. Duku kumpeh Selain camilan, kamu juga bisa membawa buah sebagai oleh-oleh khas Jambi. Duku kumpeh memiliki ukuran lebih besar dari duku pada umumnya.
Stttt, ini 9 manfaat buah duku yang perlu kamu tahu

Nama kumpeh berasal dari Kecamatan Kumpeh, Muaro, Jambi. Duku ini banyak ditanam di daerah tersebut.

Selain memiliki ukuran yang lebih besar, duku kumpeh juga tidak berbiji. Dengan demikian, Duku Kumpeh dapat dimakan dengan mudah.

3. Dodol kentang Olahan dodol satu ini berbeda dengan dodol pada umumnya. Berbahan dasar kentang, dodol ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh unik khas Jambi. Walaupun terbuat dari kentang, dodol ini memiliki ragam varian rasa seperti gula merah, stroberi, nanas dan masih banyak varian rasa lainnya.

Dodol Kentang Strawberry Jambi

Dodol kentang juga memiliki tekstur yang lebih halus dan tidak terlalu kenyal ketika digigit seperti dodol pada umumnya.

4. Kue srikaya merupakan kuliner jambi yang memiliki cita rasa manis dan legit. Konon, pada jaman dahulu kue srikaya dijadikan makanan untuk acara lamaran sebagai simbol agar persaudaraanya makin lengket.

Resep Praktis Membuat Kue Srikaya Khas Jambi

Proses pembuatan kue srikaya cukup singkat. Yaitu dengan mencampurkan santan dengan adonan tape dan ditambah sedikit pewarna, pengharum daun pandan, gula, dan rempah.

Baca Juga :  Mencicipi Nikmatnya Makanan Asian Fusion di Restoran Berinterior Elegan

5. Kue padamaran

Camilan satu ini merupakan salah satu jajanan tradisional khas Jambi yang terbuat dari tepung beras.

RESEP KUE PADAMARAN KHAS JAMBI DAN CARA MEMBUAT TAKIR DAUN PISANG - Dapur Zahra

Kue padamaran memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang lembut seperti bubur sumsum. Kue ini juga dibalut menggunakan daun pisang. Untuk menikmati kue padamaran, kamu akan membutuhkan larutan gula merah yang biasanya sudah disediakan dalam bungkus kue.

6. Gelamai perentak Selanjutnya, kamu bisa membawa camilan gelamai perentak. Biasanya, makanan ini disediakan saat acara besar seperti hari lebaran.

Magition: Gelamai Perentak: Dodol Melayu dalam Anyaman

Namun kini kamu dapat menemukan gelamai perentak diberbagai toko oleh-oleh di Jambi.(Yusuf/Kenali.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *