7 Makanan Khas Jambi, Dari Tempoyak Hingga Kue Muso

  • Bagikan

Kenali.co.id,- Makanan Khas Jambi kira-kira apa aja ya? Ya, kota Jambi merupakan daerah yang kental dengan adat Melayu. Itulah sebabnya ketika bertandang ke Jambi, ada beragam makanan khas Jambi bernuansa Melayu yang mudah ditemui.

Makanan khas Jambi menjadi salah satu sajian kuliner Nusantara yang memiliki cita rasa yang benar-benar nikmat. Bumbu rempah khas Sumatera merasuk ke berbagai makanan yang ada di tempat ini. Tidak hanya menu makanan berat saja, melainkan cemilan yang tidak kalah menggoda lidah.

Jambi juga memiliki makanan olahan ikan, terutama ikan laut, yang pastinya sangat menggugah selera, seperti rasa pedas, dan gurih yang berpadu dengan sayuran segar yang wajib untuk dicoba.

Berwisata kuliner di Jambi dijamin tidak akan pernah bosan, karena rasanya yang selalu ngangenin, dan bikin nagih setiap kali menyantap makanan khas Jambi.

1. Tempoyak
Buah durian seringkali dijadikan sebagai bahan tambahan untuk membuat kue atau minuman. Namun, di kota Jambi, buah durian dijadikan sebagai santapan untuk menemani nasi putih. Tempoyak, menjadi makanan khas Jambi, karena terkenal dengan kelezatannya.

Proses pembuatan makanan khas ini adalah dari hasil fermentasi, membuat rasanya menjadi sangat kuat di lidah penikmatnya. Biasanya, beberapa orang mencampur Tempoyak dengan ikan segar agar menciptakan sebuah sajian yang menyuguhkan cita rasa yang sempurna.

2. Gandus
Makanan khas Jambi yang populer dan wajib dicoba selanjutnya adalah Gandus. Gandus merupakan salah satu ragam kue yang populer yang dimiliki oleh Jambi. Tidak pas rasanya jika pergi ke Jambi tidak mencicipi makanan khas ini.

3. Gulai Tepek Ikan

Tepek ikan merupakan makanan khas Jambi yang berupa perpaduan antara sagu tani dan ikan gabus atau ikan tenggiri yang direbus kemudian digulai. Dinamakan Tepek karena makanan ini dibuat dengan cara ditepek atau dipipihkan dalam bahwa Jambi.

Soal rasa tidak perlu ditanya lagi, makanan khas Jambi ini rasanya sangat lezat karena diolah dengan berbagai macam rempah pilihan. Gulai Tepek Ikan biasanya disajikan pada waktu tertentu, seperti pernikahan, kenduri, acara adat atau acara penyambutan tamu. Jadi makanan ini tidak dijual bebas di warung makan.

4. Mie Celor
Mie Celor adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu dengan tambahan tauge dan daun sop. Mie satu ini memiliki nama unik karena terinspirasi dari mie telor.

Tak Cuma membuat lidah puas dengan cita rasanya, tambahan telur dan irisan daging ayam menjadikan Mie Celor sebagai hidangan yang mengenyangkan. Selain itu, kuah beraroma kuat yang berasal dari rempah khas tentunya akan membuat nafsi makan meningkat.

5. Pempek Sambal
Pempek tentunya sudah banyak yang tahu ya? Hamper seluruh masyarakat Indonesia tahu sajian makanan ini. Tak terkecuali pempek sambal khas Jambi. Makanan ini cukup unik karena menggunakan kuah sambal yang terkenal dengan rasa pedasnya. Karena tingkat kepedasannya inilah pempek sambal sangat digemari.

6. Rambutan Goreng
Rambutan Goreng merupakan makanan khas Jambi. Makanan ini terbuat dari buah rambutan yang dilumuri bumbu terigu, garam dan vanili. Karena keunikannya ini, makanan khas Jambi satu ini wajib untuk dicoba.

7. Kue Muso
Kue muso memiliki rasa manis yang sangat sulit untuk dilupakan. Makanan khas Jambi ini terbuat dari campuran ketan, terigu, minyak sayur, cokelat bubuk, air pandan ditambah sui, garam halus, santan, telur, air suam-suam, gula pasir dan vanili.

Cita rasanya tentu saja manis dan nggak bikin bosan. Di bulan Ramadan, kue satu ini akan lebih sering ditemui sebagai menu berbuka ketika berada di Jambi.(Riani/Kenali.co.id)

 

 

 

 


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *