7 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

7 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

KENALI.CO.ID,KECANTIKAN – Kebanyakan orang menikmati pepaya dalam bentuk buah, daun, dan bunganya untuk di makan. Ternyata, biji pepaya juga punya segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja?

Pepaya merupakan tanaman yang banyak tumbuh di wilayah tropis. Teksturnya yang lembut membuatnya bisa di nikmati berbagai kalangan dari segala usia, termasuk bayi yang mulai MPASI.

Pepaya juga di kenal sebagai buah yang banyak nutrisi. Menukil WebMD, pepaya di bungkus dengan nutrisi seperti vitamin A, C, dan E.

Sementara biji pepaya mengandung banyak zat polifenol dan flavonoid yang membantu untuk meningkatkan kesehatan. Hal ini karena dua senyawa tersebut dapat bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh.

Selain buahnya yang enak di makan, serta daun dan bunganya yang sering di jadikan sayur, biji pepaya juga punya banyak manfaat.

Pilihan Redaksi
7 Cara Membasmi Jentik Nyamuk di Bak Mandi Secara Alami
5 Minuman Herbal untuk Meredakan Asam Lambung Secara Alami
3 Cara Membuat Salad Buah, Cocok buat Ngemil Enak dan Sehat
Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaat biji pepaya untuk kesehatan dan kecantikan.

7 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Melindungi fungsi ginjal
Ilustrasi. Salah satu manfaat biji pepaya adalah menjaga fungsi ginjal. (iStockphoto)
Ginjal memainkan peranan penting bagi tubuh sebagai ‘mesin pembuang’ racun atau sampah dan kelebihan cairan dari tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi biji pepaya dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan ginjal.

Di lansir dari Healthline, studi pada hewan membuktikan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mencegah kerusakan ginjal pada tikus.

2. Melawan infeksi
Nutrisi yang terkandung di dalam biji pepaya juga dipercaya dapat menghancurkan berbagai jenis jamur dan parasit tertentu yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh.

Baca Juga :  Gubernur Siap Bantu PWI

Meminum ramuan yang terbuat dari biji pepaya kering dan madu juga dinilai dapat secara signifikan membunuh parasit di usus. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat biji pepaya untuk melawan infeksi jamur dan parasit pada tubuh manusia.

3. Mengurangi risiko kanker
Biji pepaya mengandung komponen antioksidan dan nutrisi sehingga yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai antikanker. Sebuah tes menemukan bahwa biji pepaya yang berwarna hitam bisa menurunkan infalamasi dan melawan perkembangan sel kanker.

Sementara itu pada tes berbeda, biji pepaya efektif mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat. Studi-studi ini memberikan hasil menjanjikan meski masih diperlukan studi lanjutan.

4. Bantu atasi jerawat
Ilustrasi. Salah satu manfaat biji pepaya untuk kecantikan adalah mengatasi jerawat. (iStockphoto/Pornpak Khunatorn)
Tak perlu menggunakan obat-obatan kimia, biji pepaya dapat membantu mengatasi jerawat. Kali ini padukan dengan daun pepaya untuk manfaat ekstra.

Buat pasta dari biji dan daun pepaya. Oleskan pasta ini pada jerawat dan biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas. Pastikan tak ada sisa pasta pada kulit. Pasta biji dan daun pepaya membantu memperbaiki jaringan kulit yang mengalami jerawat.

7 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Menjaga sistem pencernaan
Anda mungkin sering mendengar khasiat buah pepaya untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ternyata, biji pepaya pun bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Kandungan seratnya membuat proses pencernaan lancar hingga proses sekresi. Konstipasi pun bisa dicegah.

6. Meningkatkan kesuburan
Biji pepaya bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Bagi pria, biji pepaya dapat meningkatkan produksi sperma, sedangkan pada wanita, biji pepaya dapat membantu produksi dan peningkatan kualitas sel telur.

7. Mencegah obesitas
Ilustrasi. Salah satu manfaat biji pepaya adalah mencegah obesitas. (iStockphoto/Motortion)
Mengutip NDTV Food, kandungan serat yang ada dalam biji pepaya ternyata dapat membantu untuk mencegah lemak berlebih atau obesitas di dalam tubuh. Hal ini karena biji pepaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dengan baik.

Baca Juga :  Micellar water memang dipakai untuk membersihkan makeup.  Namun, tahukah Sahabat NOVA bahwa manfaat micellar water bukan hanya membersihkan makeup saja, lo!

Selain itu, biji pepaya juga berperan baik untuk mengatur tekanan darah, sehingga biji pepaya mampu untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Demikian 7 manfaat biji pepaya untuk kesehatan dan kecantikan. Sebelum mengonsumsinya, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

(*ENI/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG: https://www.cnnindonesia.com

DENGAN JUDUL: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231207063205-262-1033932/7-manfaat-biji-pepaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan