WISATA  

7 Tempat Wisata di Solo yang Baru dan Terkenal, Jangan Dilewatkan

KENALI.CO.ID, WISATA – Hendak bertamasya ke kota Solo, wajib banget tahu tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal. Tak hanya kaya budaya dan eksotisme sejarah loh, di sini. Pokoknya jangan sampai dilewatkan.

Di kota Solo ada tempat dengan berbagai wahana menarik sampai panorama alam indah ala pegunungan. Meliputi taman kota, air terjun, danau, dan telaga.

Tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ada pabrik gula De Tjolomadoe, Waduk Cengklik Park, dan Mojosemi Forest Park. Untuk yang khas alam memang tak dekat dengan kota, tetapi masih bisa dijangkau dengan mudah dari kota Solo.

Berikut tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal dari berbagai sumber :

Pabrik Gula De Tjolomadoe

Pabrik gula Colomadu beralih fungsi menjadi tempat wisata dengan nama baru De Tjolomadoe. Kawasan tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini dipercantik dengan keberadaan coffee shop, stan kerajinan batik, serta stan busana musim. Tak hanya itu, di sana terdapat pula concert hall yang dilengkapi dengan restoran dan cafe.

Berbagai event diadakan secara meriah di tempat itu seperti bazar, talk show, dan kegiatan wisata buat anak-anak SD. Karena itulah, keberadaan pabrik itu memancing masyarakat umum untuk berkunjung. Mereka begitu menikmati suasana bekas pabrik itu dan mengabadikannya dengan kamera.

Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal seperti De Tjolomadoe menyediakan berbagai spot Instagramable. Menurut Direktur Sinergi Colomadu, Wahyono Hidayat, semua tempat di De Tjolomadoe sangat unik dan bisa dijadikan latar untuk berfoto.

Waduk Cengklik Park

Memasuki pintu gerbang, pengunjung t tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini akan langsung disambut dengan gazebo yang memiliki tampilan mirip bangunan rumah adat Nusantara. Ada kampung sakura, taman sakura dan bangunan semacam pagoda. Keberadaannya membuat pengunjung seakan berada di negeri sakura.

Baca Juga :  Rekomendasi Wisata Petik Apel Batu Malang, Cocok untuk Liburan Keluarga

Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini menawarkan sejumlah wahana dan tempat-tempat menarik untuk berfoto. Di dekat kampung sakura, ada ruang terbuka dengan latar bangunan keajaiban dunia.

Ada candi Borobudur, patung Liberty, menara Eiffel, rumah iglo, Menara Pisa dan sebagainya. Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini pun ada kolam renang, ada pusat kuliner serta sejumlah wahana permainan.

Tumurun Private Museum

Museum yang satu ini menjadi incaran para pecinta seni yang berkunjung ke Solo. Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini milik pribadi, didirikan oleh Iwan Kurniawan Lukminto sebagai wujud penghormatan kepada mendiang sang ayah yang adalah kolektor karya seni.

Museum ini terdapat koleksi karya seni kontemporer dan modern, dengan daya tarik masing-masing. Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini, cocok untuk Anda yang ingin berswafoto dan menikmati karya seni dari sisi yang lain.

Untuk mengunjungi tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini tidak dikenai biaya masuk, namun Anda harus reservasi terlebih dahulu lewat website resmi. Untuk jumlah pengunjung atau reservasi dalam satu hari dibatasi. Untuk itu, jika tertarik ke museum ini sebaiknya reservasi dari jauh-jauh hari.

Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park merupakan tempat wisata di solo yang baru dan terkenal. Lokasinya ada di Magetan, masih dekat dengan kota Solo. Kawasan wisata alam yang penuh dengan hutan pinus ini berada di Jalan Raya Tembus Magetan Jatim – Karanganyar Jateng, masuk Desa Mojosemi, kecamatan Plaosan.

Tempat wisata di sekitar Solo ini berada di ketinggian 1.389 MDPL di gunung Lawu. Pengunjung bisa bermain dan berfoto di area satwa dinosaurus raksasa di antara pohon hutan Pinus yang rindang.

Baca Juga :  7 Destinasi Wisata di Klungkung, Kabupaten Terkecil di Bali yang Punya Pemandangan Fantastis

Dinosaurus tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ini bisa bergerak saat didekati oleh pengunjung. Tak cuma itu, pengunjung bisa bermain game untuk berburu dinosaurus sekaligus burung-burung raksasa di sana.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Tempat wisata di Solo yang baru dan terkenal ialah Keraton Surakarta Hadiningrat yang merupakan tempat bersejarah yang menyimpan berbagai budaya kerajaan yang masih berjalan hingga sekarang.

Ada beberapa peraturan yang harus Anda taati ketika berkunjung kesini, dan semua itu harus ditaati karena lingkungan keraton sangat dijaga. Anda dapat berkunjung di hari Senin hingga Kamis pada pukul 09.00 hingga 14.00.

Kampung Wisata Batik Kauman

Kampung Wisata Batik Kauman merupakan tempat wisata di solo yang baru dan terkenal. Terletak di pusat Kota Solo, kampung ini merupakan tempat untuk Anda dapat belajar batik.

Tentunya semua batik di Kampung Batik Kauman ini dibuat dengan tangan sendiri alias homemade. Tak heran jika harga satu baju batik di sini sangat fantastis. Pelanggan dari tempat sini pun kebanyakan berasal dari luar negeri yang sudah jatuh hati melihat keindahan batik buatan Kampung Wisata Batik Kauman ini.

Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta yang dikenal dengan nama Keraton Solo ini memiliki sejarah panjang tentang peradaban islam pertama di kota Solo. Tempat wisata di solo yang baru dan terkenal ini berada di sekitar alun-alun utara.

Dikenal terus mengalami renovasi bertahap agar bisa digunakan layaknya masjid pada umumnya. Masjid Agung Surakarta dilengkapi dengan berbagai fasilitas dengan fungsi yang berbeda-beda. Disini juga terdapat poliklinik, perpustakaan dan serambi yang dihadirkan oleh pemilik atau pengurus masjid.

(*Reno Pratama/KENALI.CO.ID)