⌾ KENALI INFO
KEJAKSAAN TEMUKAN 50 STEMPEL BERBAGAI JENIS YANG MASIH BASAH KANTOR KPU TANJABTIM ◉ UANG SITAAN RP 230 JUTA DARI KANTOR KPU TANJABTIM DITITIP KE KAS NEGARA ◉ 4 RUANGAN KPU TANJABTIM MASIH DIPASANG SEGEL KEJAKSAAN SELAMA 4 HARI ◉ KETUA KPU TANJABTIM NURKHOLIS TAK MASUK KERJA PASCA PENGGELEDAHAN YANG DILAKUKAN KEJAKSAAN ◉ SENGKETA LAPANGAN PEMUDA AKSO DANO, PULUHAN WARGA TOLAK PEMASANGAN PLANG PEMERINTAH OLEH JAKSA PENGACARA NEGARA ◉ TANAH LONGSOR, AKSES JALAN MENUJU 7 DESA DI KECAMATAN BATANG ASAI PUTUS TERIMBUN MATERIAL LONGSOR ◉ RUMAH WARGA DI DESA BATU PENYABUNG SAROLANGUN NYARIS TERJUN KE JURANG SEDALAM 8 METER AKIBAT TANAH LONGSOR ◉ KAPOLRES BUNGO TEMUKAN PERALATAN PETI DI DEKAT AREA BANDARA ◉ KASUS PERCERAIAN DI TANJABTIM SELAMA MASA PANDEMI MENCAPAI 315 KASUS ◉ KPK MINTA PEMKOT JAMBI MENGOPTIMALKAN PAD DAN TERTIBKAN ASET ◉ WALIKOTA SYARIF FASHA JADI PEMATERI LITERASI DIGITAL YANG DISELENGGARAKAN DPR RI ◉ WAWAKO MAULANA PAPARKAN PERKEMBANGAN WISATA DANAU SIPIN DALAM KEGIATAN TEMASEK FOUNDATION URBAN RESILENCE PROGRAMME 2021 ◉ GUBERNUR AL HARIS LANTIK MUCHLIS SEBAGAI KOMISARIS DAN DAN MUDASIR SEBAGAI DIREKTUR PT JII ◉ PEMPROV JAMBI TERIMA PIAGAM DAN PLAKAT PENGHARGAAN OPINI WTP DARI KEMENKEU ◉ GUBERNUR AL HARIS CEK ISOTER DAN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI ◉ ISOTER ASRAMA HAJI DAN BPSDM DITUTUP SEMENTARA KARENA PASIEN SUDAH MENURUN ◉ KABUPATEN MERANGIN DINYATAKAN NOL KASUS POSITIF COVID-19 ◉ KASUS AKTIF COVID-19 DI MUARO JAMBI TERUS MENGALAMI PENURUNAN ◉ SEKOLAH DI BATANGHARI BUTUH 35 ORANG PENGAWAS ◉

4 Tempat Wisata Kolonial di Jambi

  • Bagikan

Kenali.co.id – Selain kaya akan wisata alam, Jambi juga mempunyai tempat wisata bersejarah peninggalan Belanda atau kolonial yang wajib untuk dikunjungi ketika sedang berwisata di Jambi. Mengunjungi tempat wisata kolonial memiliki makna dua hal: relaksasi diri sekaligus belajar sejarah. Berikut ini terdapat 4 tempat wisata kolonial yang wajib dikunjungi ketika sedang berwisata di Jambi.

1. Menara Air tua yang tetap kokoh berdiri


Tempat wisata kolonial yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di Jambi adalah Menara Air Benteng. Sepintas, bangunan tua ini tampak biasa, namun pada bangunan yang tingginya 90 meter ini memuat sejarah penting di Jambi. Pada masa penjajahan belanda, menara ini digunakan untuk mengintai musuh yang hendak menyerang melalui sungai di bawahnya. Oleh karenanya, menara ini disebut Menara Air Benteng.

Selain itu, di menara air inilah terjadi pengibaran bendera merah putih pada tahun 1945 ketika Indonesia merdeka. Kini, menara yang kokoh berdiri ini dikenal dengan Menara Air PDAM karena dikelola oleh PDAM. Menara Air ini terletak di daerah Putri Ayu Jambi, persis berada di sebelah Masjid Al Falah atau yang dikenal Masjid Seribu Tiang.

 

2. Menikmati bangunan berarsitektur Belanda, Melayu dan Tionghoa di Rumah Batu Olak Kemang

Rumah Batu Olak Kemang

Rumah Batu Olak Kemang menyimpan sejarah penting tentang kesultanan Jambi. Rumah yang berlokasi di Kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, Seberang Kota Jambi (Sekoja) ini dulunya merupakan tempat tinggal Ali Idrus Al-Jufri, seorang keturunan Arab yang memiliki kedudukan penting di Kesultanan Jambi dan memperoleh gelar Pangeran Wiro Kusumo.

Rumah bersejarah ini dibuat dengan menggabungkan unsur arsitektur Melayu, China dan Belanda. Unsur Melayu tampak pada rumah panggun. Unsur Cina pada bentuk atap, gapura dan ornamen-ornamen berbentuk naga, awan, bunga dan arca singa. Sedangkan unsur Belanda pada tiang-tiang penyangga panggung. Sayangnya, bangunan bersejarah belum terawat secara maksimal, sehingga kerusakan pada bangunan di sana-sini masih terlihat.

3. Makam Belanda atau Kerkhof di Kota Jambi

Tak perlu jauh-jauh untuk melihat makam Belanda, di Jambi terdapat kompleks makam Belanda yang menjadi saksi sejarah ketika Belanda berkuasa di Jambi antara 1833 hingga 1945. Makam Belanda atau Kerkhof terletak di Kelurahan Beringin, Kecamatan Pasar, Kota Jambi. Makam yang masih kokoh berdiri ini memuat 31 makam Belanda dan telah menjadi situs bersejarah.

 

4. Kelenteng Hok Tek yang sangat bersejarah

Kelenteng Hok Tek merupakan kelenteng tertua di Jambi. Kelenteng ini telah ada pada masa penjajahan Belanda dan sampai hari ini berdiri kokoh. Perihal usia bangunan ini tertera pada papan nama usia yang tertulis 154 tahun yang lalu dan terdapat penjelasan bahwa terdapat seorang yang telah memberikan sumbangan ketika berkunjung ke kelenteng pada tahun 2489 Imlek atau 1838 M. Bangunan yang sangat tua, bukan?

Itu lah rekomendasi 4 tempat wisata kolonial yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berada di Jambi. Tertarik mengunjungi dan menikmati nuansa tempo dulu di lima tempat ini? (*)

 


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *