78 Saksi Sudah Diperiksa, Zola Ditanya Soal Uang Suap

  • Bagikan
info seputar jambi

KENALI.CO.ID,JAMBI-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi mantan gubernur Jambi Zumi Zola terkait adanya perintah penyiapan uang yang diberikan kepada para anggota DPRD Provinsi Jambi untuk pengesahan APBD Provinsi Jambi.

Soal perintah penyiapan uang suap ketok palu ini merupakan salah satu materi yang ditanyakan penyidik kepada Zola saat diperiksa sebagai saksi untuk 28 tersangka baru suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi, Selasa (27/9/2022). Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, mengatakan KPK memeriksa Zumi Zola di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (27/9). Dia dimintai keterangan sebagai saksi dalam pengembangan kasus dugaan suap terkait pengesahan RAPBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2017 dan 2018.

Saksi hadir. Didalami pengetahuan saksi mengenai adanya perintah terkait penyiapan uang yang diberikan kepada para anggota DPRD Jambi untuk pengesahan anggaran APBD Jambi saat itu,” kata Ali Fikri.

kasus uang ketok palu ini juga menjerat Zumi Zola sebagai tersangka. Zumi Zola telah keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, pada 6 September 2022 lalu, setelah menerima program pembebasan bersyarat dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sebelumnya, saat bersaksi di persidangan untuk terdakwa Apif Firmansyah 10 Juni 2022 lalu, Zola sudah menegaskan terkait uang ketok palu. Dia mengaku mmendapat laporan dari Apif bahwa pengesahan RAPBD 2017 harus ada uang untuk semua anggota DPRD Provinsi Jambi.

’Kata Apif, permintaan itu disampaikan oleh Zoerman Manaf. Saya bilang, saya tidak ada uang. Coba diskusi kembali apakah ada solusi lain,” kata Zola menceritakan kejadian dialaminya terkait permintaan uang ketok palu. Setelah beberapa kali pertemuan, hasilnya tetap sama yang intinya dewan minta uang. Setelah itu Zola mengaku perintahkan Apif untuk bantu carikan jalan keluarnya. Terkait sumber dana yang digunakan untuk menyuap dewan, Zola  mengaku tidak mengetahui secara pasti siapa saja yang membantunya.(*)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *