8 Cara Alami yang Ampuh Basmi Ketombe, Gak Gatal Lagi deh!

KENALI.CO.ID, KESEHATAN – Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang paling umum terjadi. Masalah ini pada umumnya di derita oleh orang berusia 20-an.

Sebenarnya ketombe lebih membuat orang malu daripada kesakitan. Ini karena munculnya serpihan-serpihan berwarna putih yang terlihat mencolok pada rambut. Tidak jarang ketombe juga rontok dan mengotori baju.

Walaupun cukup sulit untuk di tangani, tetapi bukan berarti ketombe tidak bisa di sembuhkan. Ada sejumlah cara alami yang siap untuk membantu membasminya. Simak penjelasan berikut ini.

1. Tea tree oil

Tea tree oil telah di gunakan untuk membantu mengobati kondisi kulit seperti jerawat dan psoriasis. Bahan ini juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur, yang dapat membantu meringankan gejala ketombe.

Tea tree oil efektif melawan jamur Malassezia, yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe (American Journal of Clinical Dermatology, 2004).

Sebuah studi meneliti komposisi bakteri pada 140 kulit kepala perempuan India dan menemukan bahwa wanita dengan ketombe cenderung memiliki lebih banyak bakteri Staphylococcus epidermidis (salah satu bakteri umum yang di temukan di kulit kepala) di bandingkan perempuan tanpa ketombe (Frontiers in Cellular and Infection Microbiology, 2018).

Untuk memakainya, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak ke dalam sampomu.

2. Minyak serai

Serai biasanya di gunakan sebagai bahan penyedap. Namun, ternyata tumbuhan tersebut memiliki banyak manfaat lain terutama saat diekstrak menjadi minyak.

Menurut penelitian, tonik rambut yang mengandung minyak tersebut bisa mengurangi ketombe sebanyak 81 persen setelah dua minggu (Complementary Medicine Research, 2015).

Kamu bisa mencari sampo yang memiliki ekstrak minyak serai atau cukup menambahkan beberapa tetes ke dalam produk perawatan rambut yang kamu pakai.

Baca Juga :  5 Menu Diet Ini Ternyata Tak Baik buat Kesehatan, Simak Alasannya

3. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tumbuhan yang terkenal sangat bagus untuk rambut dan kulit. Ternyata gel yang terkandung di dalamnya juga ampuh untuk menghilangkan ketombe, lo! Ini karena lidah buaya mengandung zat antibakteri dan antijamur yang erat kaitannya dengan penyebab ketombe.

Selain itu, menurut sebuah studi, tumbuhan tersebut bisa melembapkan kulit kepala, menyembuhkan luka, dan mengurangi inflamasi (Journal of Medical Science, 2019).

Cara pemakaiannya, kamu bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya ke bagian kulit kepala yang bermasalah secara rutin.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu jenis superfood, atau makanan yang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Zat yang terkandung di dalamnya ternyata bisa mengurangi iritasi dan mencegah pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Untuk memakainya, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala yang bermasalah sebelum keramas. Tidak hanya meredakan ketombe, kamu juga akan merasakan rambutmu makin sehat setelah pemakaian rutin.

5. Cuka apel

Cuka apel memang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Biasanya orang menggunakan cairan tersebut untuk mengurangi berat badan, mengobati kencing batu, dan penyakit-penyakit lainnya. Namun, ternyata cuka apel juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan ketombe.

Tingkat keasaman yang dimilikinya mampu meluruhkan sel kulit mati di kepala. Tidak hanya itu, cuka sari apel juga bisa mengatur pH kulit sehingga pertumbuhan jamur dan bakteri dapat berkurang.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampur beberapa sendok cuka apel ke dalam sampo atau menyemprotkannya langsung ke rambut.

6. Soda kue

Jika kamu suka membuat kue, kamu pasti sudah memiliki bahan ini di dapurmu. Soda kue adalah bahan yang terkenal bisa membasmi ketombe. Orang-orang percaya bahwa ia bisa menjadi eksfoliator alami untuk menghilangkan sel kulit mati dan minyak berlebih di kulit kepala.

Baca Juga :  5 Manfaat Flirting Bagi Kesehatan Mental, Bisa Hilangkan Stres?

Selain itu, pengembang kue ini juga memiliki sifat antijamur. Walaupun begitu, kamu harus berhati-hati saat menggunakannya. Soda kue memiliki tingkat pH yang sangat tinggi sehingga bisa merusak rambut jika dipakai terlalu sering.

7. Perbanyak konsumsi omega-3

Omega-3 adalah jenis lemak yang memegang peran penting di tubuh kita. Selain baik untuk sistem imun dan paru-paru, zat ini juga bisa meningkatkan kesehatan kulit.

Menurut sebuah penelitian tahun 2010, omega-3 memiliki sifat antiinflamasi dan anti iritasi yang bisa mengatasi masalah ketombe. Maka dari itu, perbanyak konsumsi salmon, walnut, alpukat, dan tuna yang kaya akan zat tersebut.

8. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Dari banyak manfaatnya, bakteri ini diketahui juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang mungkin membantu tubuh melawan infeksi jamur penyebab ketombe.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik selama 56 hari secara signifikan mengurangi keparahan ketombe pada 60 orang (Beneficial Microbes, 2017).

Probiotik juga terbukti membantu mengobati dan mencegah kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis atopik, terutama pada bayi dan anak-anak (American Journal of Clinical Dermatology, 2019).

Kamu bisa mendapatkan probiotik dari konsumsi makanan dan minuman fermentasi, seperti kombucha, kimchi, yoghurt, dan lain-lain. Probiotik juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen, tetapi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Selain cara-cara alami untuk membasmi ketombe yang disebutkan di atas, kamu juga harus menghindari hal-hal yang membuatmu stres, ya. Ini karena ketombe akan makin parah jika tubuh mengeluarkan banyak hormon stres kortisol.

Jika ketombe masih membandel atau makin parah, sebaiknya temui dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut

(*AFFAN/KENALI.CO.ID)

Baca Juga :  8 Manfaat Aerial Yoga bagi Kesehatan Tubuh, Pengen Coba?

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG : https://www.idntimes.com

DENGAN JUDUL : https://www.idntimes.com/health/fitness/izza-namira-1/cara-alami-mengatasi-ketombe?page=all