Air Terjun Way Tayas, Wisata Hidden Gems di Lampung yang Eksotis

Air terjun Way Tayas memiliki ketinggian dari atas ke dasar air sekitar 69 meter. Jika ingin berenang tentu aman, kedalaman air kolam yang berada di bawah air terjun tidak sampai 2 meter.
Air terjun Way Tayas memiliki ketinggian dari atas ke dasar air sekitar 69 meter. Jika ingin berenang tentu aman, kedalaman air kolam yang berada di bawah air terjun tidak sampai 2 meter.

KENALI.CO.ID – Air Terjun Way Tayas, Wisata Hidden Gems di Lampung yang Eksotis.

Lampung terkenal karena memiliki banyak destinasi wisata alam, keasriannya masih terjaga dan belum di ketahui banyak orang sehingga di sebut Hidden Gems. Salah satunya adalah Air Terjun Way Tayas yang eksotis.

Di kutip dari website Pemkab Lampung Selatan, Air terjun Way Tayas memiliki ketinggian dari atas ke dasar air sekitar 69 meter.

Jika ingin berenang tentu aman, kedalaman air kolam yang berada di bawah air terjun tidak sampai 2 meter.

Fakta menarik nama Air Terjun Way Tayas, dalam Bahasa Lampung memiliki makna

yakni “Way” artinya Air dan “Tayas” berasal dari kata Tayos yang artinya tak pernah mati. Sehingga dalam arti luas Air Tayos adalah Air yang tak pernah mati.

Jika detikers berkunjung ke air terjun ini, detikers bakal di suguhkan dengan pemandangan yang masih sangat asri dan alami.

Bahkan, di tempat ini masih banyak hewan-hewan liar seperti monyet dan siamang yang bergelantungan di pohon.

Sering di sebut hidden gems karena air terjun ini masih belum banyak di ketahui orang atau jarang terekspos.

Sangat cocok bagi yang ingin menikmati alam dan merasakan kesunyian sambil mendengar aliran air terjun bernuansa surga ini.

Di sini, pemandangan dan suasana perkebunan kopi hingga kakao menjadikan air terjun ini semakin eksotis. Itu semua bisa kita nikmati sambil berjalan mencapai air terjun dari bawah kaki Gunung Rajabasa.

Selain indahnya, fasilitas di wisata ini juga sangat lengkap, mulai dari tempat parkir, WC hingga bilik ganti baju.

Akses dan Harga Air Terjun Way Tayas

Pengelolaan air terjun pun selalu terjaga, karena rutin di perhatikan oleh desa setempat dan warga yang punya kebun di sekitar daerah tersebut

Baca Juga :  3 Destinasi Baru di Interlaken Swiss: Jelajah Kota dan Gunung dengan Kereta Gantung, Seru!

Jika detikers tertarik untuk datang ke Air Terjun Way Tayas ini, tidak perlu khawatir, karena akses jalan ke sini tidak sulit dan tidak begitu ekstrim.

Bisa di tempuh dengan jarak 17 kilometer dari pusat Kota Kalianda, melalui rute ke arah Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam perjalanan dari Kalianda ke kawasan Lampung Selatan, detikers akan melewati banyak wisata pantai seperti pantai Guci Batu Kapal,

pantai Canti, pantai Banding Resort hingga ketemu plank Kawasan Wisata Gunung Rajabasa.

Mulai masuk plank tersebut, di sarankan agar berhati-hati karena masuk ke jalannan berbatu. Setelah lurus jalan berbatuan, detikers akan tiba di jalan setapak menuju air terjun.

Mulailah berjalan kaki, namun harus tetap ekstra hati-hati karena jalannya yang cukup licin dan terjal. Sambil berjalan.

Anda akan menikmati pemandangan eksotis nan indah sehingga perjalanan tidak akan terasa capai dan bosan.

Untuk bisa menikmati air terjun ini, detikers hanya perlu kan mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 saja.

Biaya parkir motor di kenakan Rp 5,000 dan parkir mobil Rp 10.000. Di sarankan pula jika menaiki mobil, lebih baik di titip ke rumah warga setempat karena jalan yang harus di lewati cukup terjal.

Itulah keindahan Air Terjun Way Tayas yang eksotis. Sangat cocok bagi detikers yang ingin berliburan ke Lampung.