NEWS  

Anggota MPR RI Hasan Basri Agus Gelar Kegiatan Aspirasi Masyarakat di Jambi

Anggota MPR RI Hasan Basri Agus Gelar Kegiatan Aspirasi Masyarakat di Jambi
Anggota MPR RI Hasan Basri Agus Gelar Kegiatan Aspirasi Masyarakat di Jambi

KENALI.CO.ID, Jambi – Anggota Majelis Perwakilan Rakyat (MPRDPR RI) Drs Hasan Basri Agus MM (HBA) melaksanakan kegiatan kedewanan berupa Aspirasi Masyarakat yang menghadirkan berbagai elemen masyarakat.

HBA menyatakan bahwa selain menjabat di Badan Pengkajian MPR, penting bagi masyarakat untuk tidak ragu menyampaikan masalah dan aspirasi mereka secara langsung.

Ia menekankan bahwa wewenang MPR RI adalah momentum untuk memberikan wawasan kepada masyarakat sekaligus menyerap aspirasi mereka.

“Fungsi legislasi MPR RI tentu tidak bisa serta merta di jalankan jika tidak mendapatkan usulan dari bawah,”katanya.

“Masukan dan aspirasi masyarakat sangat di butuhkan untuk menjalankan fungsi legislasi,” ujar HBA dari Fraksi Golkar ini.

Acara yang di moderatori oleh Ir Sarasadin berlangsung lancar dan menyediakan platform bagi peserta untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang daerah dan kondisi saat ini.

Dalam sesi interaktif, peserta berkesempatan menyampaikan aspirasi dan pertanyaan kepada HBA.

Beberapa topik yang di bahas antara lain kuota haji, pengembangan UMKM, bantuan UMKM, serta undang-undang yang mengatur isi ceramah para ulama dan ustad.

Selain itu, peserta mengusulkan agar sistem pemilihan kepala daerah kembali ke sistem sebelumnya.

Alasanya karena sistem pemilihan saat ini menyebabkan pengkotak-kotakan di masyarakat.

 

Aspirasi di kaji

HBA menanggapi, “Memang banyak suara agar sistem demokrasi kita kembali ke zaman dulu. Namun, bila ini di setujui, berarti demokrasi kita mundur ke belakang.”

Mengenai amandemen UU tentang hak asasi manusia, Hasan Basri Agus mengatakan akan membawa aspirasi ini untuk dikaji lebih lanjut.

Mukhtadi mengusulkan perbaikan UU No. 39 tentang Hak Asasi Manusia, termasuk jaminan hak kebebasan berpendapat dan perlindungan terhadap isi ceramah ulama dan ustad.

Baca Juga :  Geopark Merangin Rumah Bagi Fosil Unik Flora Jambi, berusia 296 juta tahun, tempat Suku Orang Batin Lamo dan Marga Serampas

Dalam pertemuan tersebut, Hasan Basri Agus menekankan pentingnya menjalankan fungsi dan tugas melalui Badan Pengkajian MPR-RI untuk menyerap aspirasi masyarakat,

terutama terkait pelaksanaan pendidikan, kesehatan, dan ketentuan Konstitusi Undang-Undang Dasar 1945.

HBA menjelaskan bahwa dalam Konstitusi Indonesia UUD 1945 terdapat hak konstitusional, yaitu Hak Asasi Manusia (HAM)

serta Hak Asasi Warga Negara, yang merupakan tanggung jawab negara untuk menghormati dan melindungi seluruh orang tanpa memandang asal mereka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *