Asal Dapat Restu Megawati, Gibran Rakabuming Ngaku Siap Maju Pilgub: Saya Tuh Nunggu Perintah

  • Bagikan
info seputar jambi

kenali.co.id,POLITIK- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan siap maju menjadi calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengaku siap apabila ditunjuk dan mendapatkan restu dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

“Saya siap kalau ada penugasan, bukan berarti aku mau nyagub lho,” ungkap Gibran, Minggu (22/01/2023).

Kendati demikian, Gibran sendiri mengaku tak memiliki ambisi untuk maju. Akan tetapi, Gibran siap jika memang dirinya ditugaskan partainya untuk maju dalam Pilgub nantinya.

Dia menegaskan bahwa mengenai pencalonan gubernur diserahkan sepenuhnya pada keputusan PDIP.

“Ya siap, kalau ada tugas ya harus siap, tapi bukan berarti saya punya ambisi, enggak. Saya tuh nunggu perintah gitu lho, nunggu perintah bukan berarti mau nyagub,” tegasnya.

“Nyagub yo opo to,” pungkas Gibran.

Dalam pernyataannya itu, Gibran menyampaikan bahwa dia tak ingin ambil pusing mengenai pencalonan gubernur.

Saat ini, Gibran menyatakan hanya akan fokus terlebih dahulu dalam mengurus Solo selama dia masih menjabat sebagai Wali Kota.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Jawa Tengah Emil Dardak mengapresiasi peluang Gibran untuk maju menjadi calon gubernur.

“Menurut saya ada (peluang Gibran maju cagub), tapi beliau ini nggak tahu mau atau enggak,” kata Emil seraya tertawa saat bertemu Gibran di Solo.

Jika Gibran beanr-benar maju ke panggung Pilgub 2024, maka ia akan mengikuti jejak ayahnya, Joko Widodo, yang juga menginjak langkah yang sama sebelumnya.

Kesuksesan Jokowi memimpin Kota Solo selama dua periode membuat banyak partai meliriknya untuk digaet menuju Jakarta.

Kesuksesan inilah yang membuat petinggi PDIP dan Gerindra mendorongnya untuk maju ke Pilkada DKI Jakarta 2012. Dengan perhitungan matang, Jokowi pun melepaskan jabatannya sebagai Wali Kota Solo yang masih tersisa 3 tahun.

Di Ibu Kota, Jokowi dipasangkan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Aksi blusukannya hingga ciri khas kemeja kotak-kotak sukses mencuri perhatian warga DKI.

Jokowi-Ahok pun sukses mengalahkan 5 calon kandidat lainnya, termasuk petahana Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli yang diusung oleh 7 partai politik sekaligus.

Karier politik Jokowi pun terus mengalami kemajuan pesat dan terus menjadi sorotan. Hingga akhirnya ia meninggalkan kursi DKI 1 karena terpilih sebagai Presiden.*asih/kenali.co.id


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *