Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Baik dari Sirkuit Sepang, Kenapa Bisa Terkelupas?

Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Baik dari Sirkuit Sepang
Sirkuit Mandalika menggunakan aspal terbaik dari Inggris yang sudah digunakan di sirkuit besar dunia seperti Sirkuit Silverstone (Inggris) dan Sirkuit Philip Island di Australia

Kenali.co.id, OLAHRAGA –  Sirkuit Mandalika menggunakan aspal terbaik dari Inggris yang sudah digunakan di sirkuit besar dunia seperti Sirkuit Silverstone (Inggris) dan Sirkuit Philip Island di Australia. Aspal Sirkuit Mandalika bahkan lebih baik dari yang digunakan di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Gelaran tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat telah diselenggarakan selama 3 hari (11-13 Februari). Sejumlah pebalap melontarkan kritikan terhadap sirkuit baru kebanggaan masyarakat Indonesia itu.

Salah satu keluhan utama para pebalap adalah mengenai munculnya kerikil di bagian-bagian tertentu, yang mana hal itu sangat berbahaya untuk rider dan motornya. Kerikil yang tersapu kecepatan motor MotoGP bisa mengenai motor dan pebalap yang berada di belakangnya.

Menjawab keluhan itu, PT Pembangunan Perumahan (PP) selaku kontraktor yang membuat lintasan utama Sirkuit Mandalika, memberikan pernyataannya. Seperti dijelaskan Direktur Utama PT PP, Novel Arsyad, pembangunan trek utama Sirkuit Mandalika sudah dilakukan sesuai standar yang ditetapkan dan dikerjakan dengan tingkat kehati-hatian yang tinggi. Tapi memang diakui ada beberapa titik yang aspalnya terkelupas.

“Bahwa dengan trek sepanjang (4,32 km) itu, dengan pengerjaan yang sudah kita lakukan cukup teliti, itu barangkali ada tempat-tempat tertentu yang sentuhannya ada yang kelewat. Sehingga seperti disampaikan Pak Andhi (MGPA), ada bagian tertentu di putaran atau tikungan satu atau (tikungan) 17 itu, yang terkelupas, yang akhirnya batunya sempat terlepas dari aspal,” kata Novel dalam Press Briefing Paska Mandalika MotoGP Official Test dan menyambut Pertamina Grand Prix of Indonesia (16/2/2022).

Ditambahkan Novel, bagian aspal yang terkelupas itu relatif kecil dan harusnya bisa diperbaiki dengan cepat sebelum penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Beda cerita jika bagian yang terkelupas ada di seluruh trek utama Sirkuit Mandalika. “Bahwa dengan trek sepanjang (4,32 km) itu, dengan pengerjaan yang sudah kita lakukan cukup teliti, itu barangkali ada tempat-tempat tertentu yang sentuhannya ada yang kelewat. (Ghani/Kenali.co.id)

Baca Juga :  Roma Juara Edisi Perdana UEFA Europa Conference League