ASUS Umumkan Motherboard Z690, Dukung Intel Gen 12

  • Bagikan

Kenali.co.id – ASUS mengumumkan ketersediaan motherboard Z690, bersama dengan dukungan modul memori DDR5 dan slot PCIe® 5.0 untuk kartu video dan penyimpanan. Platform ASUS Z690 meliputi ROG Maximus hingga motherboard ROG Strix, TUF Gaming, ProArt dan Prime dibangun untuk mendukung prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 yang memiliki fitur hingga 16 core dan 24 thread.

Motherboard ASUS Z690 diklaim siap memberikan kinerja yang terdefinisi standar untuk CPU Intel dengan pengiriman daya dan pendinginan stabil hingga ekstrim, ditambah lagi fitur platform overclocking memori baru eksklusif yang disebut ASUS Enhanced Memory Profile (AEMP).

Selain itu, didukung fitur-fitur seperti slot PCIe® 5.0 M.2 onboard, NVME RAID, Thunderbolt™ 4, Ethernet 10 Gb dan WiFi 6E pada motherboard tertentu, gamer, streamer, dan kreator dapat mencapai level tinggi dengan berbagai opsi untuk setiap anggaran dan scenario rakitan.

DDR5 biasanya dibatasi hingga maksimum 1,1 volt, namun ASUS telah mengembangkan perpaduan khusus antara sirkuit dan firmware, sehingga pengguna dapat bebas melakukan eksplorasi limit kecepatan memori sesuai keinginan mereka. Pengguna dapat menerapkan tweak manual atau mengaktifkan AEMP di BIOS untuk membuka kunci peningkatan performa dengan instan.

Untuk memungkinkan hal ini, ASUS telah bekerja sama dengan produsen DDR5 besar di seluruh dunia termasuk Adata, Corsair, Crucial, Geil, G.SKILL, Kingston, Klevv, dan Teamgroup untuk memastikan kompatibilitas dan stabilitas yang tinggi.

Untuk membantu pengguna aktif dan berjalan di platform baru ini, setiap motherboard Z690 juga dilengkapi dukungan built-in Windows 11, dan setiap motherboard memiliki lubang pemasangan yang kompatibel dengan pendingin CPU berbasis soket LGA 1200 maupun soket LGA 1700 baru. Selain itu untuk pembeli motherboard Z690 seri ROG atau ProArt, ASUS menawarkan keanggotaan uji coba Adobe Creative Cloud.

Bagi pengguna yang suka menjelajah lebih jauh dan berlama-lama dalam personalisasi dan estetika, ASUS menghadirkan visual baru seperti layar AniMe Matrix™ yang menampilkan LED RGB mini yang dapat diprogram untuk memamerkan gaya pribadi dengan desain pencahayaan khusus, animasi unik dan visualisasi audio, ditambah desain istimewa yang membangkitkan dunia fiksi ilmiah dari cyberpunk hingga eksplorasi ruang angkasa.

Untuk detail lebih lanjut tentang jajaran lengkap  Z690, kunjungi halaman arahan ASUS Z690. Panduan dengan spesifikasi dan gambar untuk seluruh jajaran motherboard seri ASUS Z690 dapat ditemukan di Edge Up Buying Guide. (Naufal/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *