KENALI.CO.ID ● KEJAKSAAN TEMUKAN 50 STEMPEL BERBAGAI JENIS YANG MASIH BASAH KANTOR KPU TANJABTIM ● UANG SITAAN RP 230 JUTA DARI KANTOR KPU TANJABTIM DITITIP KE KAS NEGARA ● 4 RUANGAN KPU TANJABTIM MASIH DIPASANG SEGEL KEJAKSAAN SELAMA 4 HARI ● KETUA KPU TANJABTIM NURKHOLIS TAK MASUK KERJA PASCA PENGGELEDAHAN YANG DILAKUKAN KEJAKSAAN ● SENGKETA LAPANGAN PEMUDA AKSO DANO, PULUHAN WARGA TOLAK PEMASANGAN PLANG PEMERINTAH OLEH JAKSA PENGACARA NEGARA ● TANAH LONGSOR, AKSES JALAN MENUJU 7 DESA DI KECAMATAN BATANG ASAI PUTUS TERIMBUN MATERIAL LONGSOR ● RUMAH WARGA DI DESA BATU PENYABUNG SAROLANGUN NYARIS TERJUN KE JURANG SEDALAM 8 METER AKIBAT TANAH LONGSOR ● KAPOLRES BUNGO TEMUKAN PERALATAN PETI DI DEKAT AREA BANDARA ● KASUS PERCERAIAN DI TANJABTIM SELAMA MASA PANDEMI MENCAPAI 315 KASUS ● KPK MINTA PEMKOT JAMBI MENGOPTIMALKAN PAD DAN TERTIBKAN ASET ● WALIKOTA SYARIF FASHA JADI PEMATERI LITERASI DIGITAL YANG DISELENGGARAKAN DPR RI ● WAWAKO MAULANA PAPARKAN PERKEMBANGAN WISATA DANAU SIPIN DALAM KEGIATAN TEMASEK FOUNDATION URBAN RESILENCE PROGRAMME 2021 ● GUBERNUR AL HARIS LANTIK MUCHLIS SEBAGAI KOMISARIS DAN DAN MUDASIR SEBAGAI DIREKTUR PT JII ● PEMPROV JAMBI TERIMA PIAGAM DAN PLAKAT PENGHARGAAN OPINI WTP DARI KEMENKEU ● GUBERNUR AL HARIS CEK ISOTER DAN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI ● ISOTER ASRAMA HAJI DAN BPSDM DITUTUP SEMENTARA KARENA PASIEN SUDAH MENURUN ● KABUPATEN MERANGIN DINYATAKAN NOL KASUS POSITIF COVID-19 ● KASUS AKTIF COVID-19 DI MUARO JAMBI TERUS MENGALAMI PENURUNAN ● SEKOLAH DI BATANGHARI BUTUH 35 ORANG PENGAWAS ● KENALI.CO.ID

Bahan Pangan Aman, Harga Daging Beku Melambung

Kenali.co.id - Tak Berkategori
  • Bagikan

Kenali.co.id, Jambi– Beberapa hari jelang Idul Fitri 1442 Hijriah, stok bahan pangan (sembako) di Jambi masih aman. Namun, harga daging mengalami kenaikan cukup tinggi. Di Pasar Angso Duo misalnya, harga daging beku dijual dengan harga Rp 115 ribu per kilo. Sementara daging sapi segar Rp 130 ribu per kilo dan daging kerbau segar Rp 140 ribu per kilo.

Hal ini diketahui dari hasil pengecekan yang dilakukan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman bersama Satgas Pangan Provinsi Jambi, Kamis (6/5). Pantauan di lapangan, begitu tiba di Pasar Angsoduo, Sudirman bersama Satgas Pangan langsung menuju ke salah satu lapak pedagang bawang. Pengakuan pedagang, harga bawang merah maupun bawang putih masih stabil di angka Rp 22 ribu per kilogram.

Awan, pedagang daging beku mengatakan, kenaikan harga mulai terjadi sejak beberapa hari lalu. “Sekitar lima hari lalu harga daging beku sudah Rp 110 ribu per kilogram,” kata Awan.

Menurut Sudirman, harga daging beku naik signifikan, dari biasanya hanya berkisar Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu per kilogram. “Kalau harga bawang putih dan merah stabil. Ada kenaikan tapi masih dalam batas toleransi. Daging beku kenaikan signifikan memang di awal puasa Rp 98 ribu per kilogram. Sekarang menjadi Rp 115 ribu,” katanya.

Begitu juga dengan daging segar, mengalami kenaikan. Namun tidak terlalu signifikan. “Walaupun nanti jelang lebaran harga daging segar Rp 150 ribu perkilo. Sekarang Rp 140 ribu,” kata Sudirman.

Lebih lanjut, Sudirman mengatakan Bulog juga mempunyai stok daging beku dengan harga Rp.80 ribu perkilogram. Jadi, bagi warga yang ingin membeli daging lebih murah bisa langsung datang ke toko TPID. “Harga daging beku di TPID Rp.80 kilogramnya. Memang ada sedikit perbedaan kualitas. Tapi itu menjadi alternatif pilihan masyarakat,” pungkasnya.

DI saat hampir bersamaan, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha bersama unsur Forkompimda juga turun mengecek sejumlah pasar tradisional dan gudang sembako. Berdasarkan hasil tinjauan Wali Kota dua periode ini di sejumlah tempat, seperti Pasar Angso Duo Modern, Gudang Bulog, gudang beras, dan Indogrosir, stok sembako masih aman.

Didampingi unsur Forkompinda Pemkot Jambi, OJK, dan BI Perwakilan Jambi, Syarif Fasha terlihat beberapa kali berbincang dengan para pedagang mengenai kondisi harga bahan pokok di pasaran. “Tadi (kemarin,red) harga cabai dan bawang diketahui turun. Prediksi malah kedepan akan lebih turun. Hanya saja memang, harga daging masih cukup tinggi. Yakni Rp140 ribu per kilogram. Untuk ayam dan telor masih normal,” terangnya.

Menyikapi harga daging tersebut, rencananya Pemkot Jambi akan mengintervensi harga dengan mengeluarkan stok daging beku yang ada di gudang Bulog melalui pasar murah.

“Besok (hari ini- Jumat,red) dilakukan intervensi harga daging. Pemkot juga telah mengeluarkan lebih 2 ribu paket dalam bentuk pasar murah. Berisi daging 1 kilogram dan beras 5 kilogram yang dihargai Rp 50 ribu,” jelasnya.

Harga tersebut tergolong murah dibandingkan harga aslinya. Pemkot telah memberikan subsidi sekitar Rp89 ribu per paketnya. “Paket-paket ini kita sebar di Kecamatan. Pemprov Jambi juga ada memberikan 300 paket. Sedangkan Bulog, juga akan mengintervensi harga daging di 5 titik pasar dan Tugu Keris Siginjai,” katanya.

Hal ini dilakukan agar harga daging dapat stabil jelang hari raya Idul Fitri 1442 H. Lanjut Fasha, saat ini Pemkot Jambi memiliki stok 5.300  ton beras dan 140 ton gula yang disimpan di gudang Bulog. “Pemakaian beras per bulan itu 800 ton, artinya 5-6 bulan ke depan kita masih aman. Termasuk gula, masih cukup untuk kebutuhan konsumsi di Kota Jambi,” pungkasnya. (ali/ist/jambione)


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *