Balai TNBNW dan Pemkab Bone Bolango Konsolidasi Kemitraan Konservasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat

KENALI.CO.ID, NASIONAL –  Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) menerima kunjungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango (BoneBol).

Rombongan ini dipimpin Asisten I Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bone Bolango Aznan Nadjamudin dengan membawa sejumlah pejabat, antara lain Ketua Tim Kerja Bupati Irwan Bempah, Kepala Bappeda Basir Noho, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perindag, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Satuan Pol PP, dan Sekretaris Dewan Bone Bolango.

Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka konsolidasi kemitraan konservasi di Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

“Alhamdulillah atas perhatian dan dukungan Pemda Bone Bolango kepada Balai TNBNW yang disampaikan pada hari Kamis kemarin, kami sangat senang dan menyambut baik kerjasama dengan para mitra ini,” kata Bagus Tri Nugroho, Kepala Seksi  Pengelolaan Taman Nasional 1,  Balai TNBNW, Sabtu (3/6/2023).

Dalam pertemuan ini Bagus Tri Nugroho berharap ke depannya ada kolaborasi antara Balai TNBNW dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango yang lebih nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian taman nasional.

Di pertemuan ini juga Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bersama Balai TNBNW menyatakan komitmennya untuk membangun desa-desa penyangga TNBNW.

Bagus Tri Nugroho mengungkapkan beberapa hal yang bisa dikolaborasikan antara dua instansi ini antara lain pemanfaatan jasa lingkungan air dan wisata, pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK) melalui kemitraan konservasi, serta berbagai bentuk bantuan usaha alternatif  kepada masayarakat desa penyangga.

“Hal ini dapat dilakukan sebagai upaya pelayanan dan peningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan TNBNW,” ujar Bagus Tri Nugroho. (mcgorontaloprov) (*REYHAN/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG DI : http://INFOPUBLIK.ID

DENGAN JUDUL : https://infopublik.id/kategori/nusantara/746458/balai-tnbnw-dan-pemkab-bone-bolango-konsolidasi-kemitraan-konservasi-untuk-kesejahteraan-masyarakat