⌾ KENALI INFO
KEJAKSAAN TEMUKAN 50 STEMPEL BERBAGAI JENIS YANG MASIH BASAH KANTOR KPU TANJABTIM ◉ UANG SITAAN RP 230 JUTA DARI KANTOR KPU TANJABTIM DITITIP KE KAS NEGARA ◉ 4 RUANGAN KPU TANJABTIM MASIH DIPASANG SEGEL KEJAKSAAN SELAMA 4 HARI ◉ KETUA KPU TANJABTIM NURKHOLIS TAK MASUK KERJA PASCA PENGGELEDAHAN YANG DILAKUKAN KEJAKSAAN ◉ SENGKETA LAPANGAN PEMUDA AKSO DANO, PULUHAN WARGA TOLAK PEMASANGAN PLANG PEMERINTAH OLEH JAKSA PENGACARA NEGARA ◉ TANAH LONGSOR, AKSES JALAN MENUJU 7 DESA DI KECAMATAN BATANG ASAI PUTUS TERIMBUN MATERIAL LONGSOR ◉ RUMAH WARGA DI DESA BATU PENYABUNG SAROLANGUN NYARIS TERJUN KE JURANG SEDALAM 8 METER AKIBAT TANAH LONGSOR ◉ KAPOLRES BUNGO TEMUKAN PERALATAN PETI DI DEKAT AREA BANDARA ◉ KASUS PERCERAIAN DI TANJABTIM SELAMA MASA PANDEMI MENCAPAI 315 KASUS ◉ KPK MINTA PEMKOT JAMBI MENGOPTIMALKAN PAD DAN TERTIBKAN ASET ◉ WALIKOTA SYARIF FASHA JADI PEMATERI LITERASI DIGITAL YANG DISELENGGARAKAN DPR RI ◉ WAWAKO MAULANA PAPARKAN PERKEMBANGAN WISATA DANAU SIPIN DALAM KEGIATAN TEMASEK FOUNDATION URBAN RESILENCE PROGRAMME 2021 ◉ GUBERNUR AL HARIS LANTIK MUCHLIS SEBAGAI KOMISARIS DAN DAN MUDASIR SEBAGAI DIREKTUR PT JII ◉ PEMPROV JAMBI TERIMA PIAGAM DAN PLAKAT PENGHARGAAN OPINI WTP DARI KEMENKEU ◉ GUBERNUR AL HARIS CEK ISOTER DAN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI ◉ ISOTER ASRAMA HAJI DAN BPSDM DITUTUP SEMENTARA KARENA PASIEN SUDAH MENURUN ◉ KABUPATEN MERANGIN DINYATAKAN NOL KASUS POSITIF COVID-19 ◉ KASUS AKTIF COVID-19 DI MUARO JAMBI TERUS MENGALAMI PENURUNAN ◉ SEKOLAH DI BATANGHARI BUTUH 35 ORANG PENGAWAS ◉

Benih Lobster Senilai Rp 9,3 M Gagal Diselundupkan

  • Bagikan

Kenali.co.d,-JAMBI- Upaya penyelundupan baby lobster (benih lobster) ke luar negeri melalui Jambi kembali terjadi. Namun, polisi lagi lagi berhasil menggagalkan upaya para penyelundup tersebut. Kali ini, Anggota Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jambi mengamankan 91.860 ekor benih lobster dari Provinsi Banten. Rencananya, baby lobster tersebut mau diselundupkan ke luar negeri melalui jalur perairan di Kabupaten Tanjungjabung Timur.

Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo mengatakan, 91.860 ekor benih lobster tersebut diamankan dari seorang pengemudi mobil Mitsubishi Pajero Sport di Jalan Desa Setiris, Kecamatan Muarosebo, Kabupaten Muarojambi. Benih lobster yang diketahui berasal dari Pandeglang, Provinsi Banten itu diduga milik inisial DHN dan HB.

Benih lobster diangkut dari daerah Perum BIP Banten menggunakan mobil Pajero Sport warna putih bernomor polisi A 1008 BC. Selanjutnya baby lobster tersebut akan dikirim ke luar negeri. Di sana akan diterima atas nama KD dengan cara sistem “share location” kepada RVN.

“Pada saat dalam perjalanan, kurir berinisial RVN berhasil diamankan beserta benih lobster sebanyak 10 boks dari dalam mobil Pajero Sport warna putih,” kata Rachmad didampingi Direktur Polairud Polda Jambi Kombes Pol P Gaol, Rabu (30/6).

Rachmad menyebutkan, dari 10 boks yang diamankan polisi tercatat ada sebanyak 91.860 ekor benih lobster. Rinciannya jenis pasir sebanyak 88.096 ekor dan mutiara sebanyak 3.764 ekor atau diestimasikan keseluruhannya senilai Rp 9,37 Miliar.
Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 88 Jo Pasal 16 ayat (1) Jo Pasal 92 Jo dalam Pasal 26 ayat (1) UU RI Nomor RI No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagiamana telah diubah dengan UU RI Nomor 45 Tahun 2009 dengan ancaman pidana penjara selama enam tahun dan denda Rp1,5 miliar.

Rachmad berharap para tokoh masyarakat di wilayah perairan agar selalu memberikan informasi apabila terjadi hal yang mencurigakan seperti penyelundupan benih lobster. “Apabila mengetahui segera melapor ke kepolisian terdekat,” katanya.

Untuk diketahui, Jambi menjadi salah satu jalur utama penyelundupan benih lobster. Sepanjang tahun 2020, sebanyak 896.238 benih bening lobster digagalkan dari upaya penyelundupan. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari hasil tangkapan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan hasil Perikanan (BKIPM), Polri, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Bea Cukai.

Dari jumlah tersebut, terbanyak ditangkap di Jambi. Kepala BKIPM Rina mengatakan lembaganya menangani 21 kasus penyelundupan Benur sepanjang tahun 2020. “Dari sebarannya, (penangkapan dari) Jambi yang paling tinggi,” ujar Rina dalam keterangan tertulis, Sabtu, 9 Januari lalu.

Rina merinci kasus-kasus penyelundupan benur dibongkar di 11 titik. Di Jambi, BKIPM menemukan 8 kasus. Kemudian di Surabaya I ditemukan sebanyak empat kasus. Selanjutnya masing-masing satu kasus ditemukan di Makassar, Pekanbaru, Jakarta II, Medan I, Palembang, Bengkulu, Denpasar, Semarang, dan Batam.(ist)


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *