Boji, Anjing Jalanan Sahabat Para Komuter Istanbul

  • Bagikan

Kenali.co.id,-ISTANBUL – Boji, anjing jalanan telah menjadi selebriti dan sahabat para komuter di Istanbul, Turki . Ia menjadi pemandangan biasa di feri, bus, dan kereta metro di kota terbesar di Eropa.

Anjing ini kerap menikmati perjalanan panjang hingga 30 kilometer pada sebagian besar hari kerja.

Di dalam feri penumpang Istanbul yang penuh sesak antara Eropa dan Asia, semua mata tertuju pada anjing Boji yang menikmati pemandangan dari jendelanya.

Pejabat kota Istanbul yang merekam perjalanan anjing itu dengan microchip mengatakan hewan ini mampir setidaknya 29 stasiun metro sehari dan bahkan dilacak di laut, mengambil istirahat akhir pekan di Prince’s Island di lepas pantai kota Istanbul.

Dengan bulu cokelat keemasan, mata gelap, dan telinga floppy, Boji mulai menarik perhatian para komuter sejak dua bulan lalu.

“Kami melihat seekor anjing menggunakan [kereta] metro dan kereta api kami dan dia tahu ke mana harus pergi. Dia tahu ke mana harus keluar,” kata Aylin Erol, pejabat dari Kereta Metro Istanbul.

“Sepertinya dia punya tujuan,” ujarnya, seperti dikutip Israel Hayom, Kamis (28/10/2021).

Data yang dikumpulkan dari alat pelacaknya menunjukkan jalur trem bersejarah adalah favorit Boji tetapi dia juga sering menjadi komuter kereta bawah tanah.

Erol mengatakan anjing itu menghormati peraturan transportasi umum dan menunggu penumpang yang turun sebelum naik kereta.

Dia suka bepergian di bagian tengah gerbong kereta bawah tanah. Boji sendiri adalah nama dalam bahasa Turki yang diberikan pejabat Istanbul untuk anjing tersebut.

Erol mengatakan Boji membawa warna ke dalam kehidupan 1,3 juta komuter kota metropolitan.

Para warga Istanbul kerap mem-posting foto anjing itu di media sosial, dan akun atas nama anjing itu sendiri memiliki lebih dari 50.000 pengikut.

“Anda naik kereta dan, tiba-tiba, Anda melihat Boji. Dan lihat dia. Dia berbaring, begitu saja. Anda hanya tersenyum dan menangkap momen, sungguh. Ini yang dibangkitkan Boji untuk orang Istanbul. Dia juga mengingatkan kita bahwa kita bisa masih menikmati Istanbul saat kita terburu-buru.”(Riani/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *