Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan

KENALI.CO.ID, KECANTIKAN –  Untuk Kesehatan Tubuh

Bunga Mawar untuk kesehatan tubuh :

  1. Menurunkan berat badan berlebih

Kelopak mawar mengandung senyawa yang meningkatkan metabolisme dan membersihkan racun dari tubuh, sehingga juga membantu menurunkan berat badan berlebih. Kamu bisa memakan segenggam kelopak mawar untuk mencegah nafsu makan berlebih.

  1. Mengurangi stres 

Aroma minyak esensial mawar terasa menyegarkan dan baik untuk menenangkan pikiran serta mengurangi stres. Ketika dihirup secara langsung ataupun ekstraknya, maka tekanan darah akan menurun, emosi jadi seimbang, dan tercipta suasana hati yang baik serta fungsi otak pun meningkat.

  1. Mengurangi depresi dan kecemasan

Minyak esensial mawar memiliki aroma yang menyegarkan dan bersifat terapeutik untuk meningkatkan kesejahteraan mental. Aroma bunga mawar sangat baik untuk mengatasi suasana hati yang buruk dan dapat meningkatkan konsentrasi. Tidak ada salahnya untuk mencium aroma bunga mawar untuk menenangkan pikiran saat marah, depresi, dan cemas.

  1. Meredakan gejala wasir

Manfaat yang jarang diketahui dari bunga mawar yaitu sebagai obat alami gangguan wasir. Hal tersebut karena bunga mawar mengandung serat dan air, serta senyawa yang membantu pencernaan membuang racun dari tubuh. Selain itu, bunga mawar cukup efektif untuk mengatasi wasir berdarah dan mengatasi rasa sakit yang diakibatkan wasir.

  1. Menyembuhkan infeksi kulit

Minyak esensial bunga mawar bersifat antiinflamasi sekaligus antibakteri dan antijamur. Mengoleskannya pada kulit yang terinfeksi dapat meredakan peradangan. Misalnya pada kondisi dermatitis, eksim, psoriasis, dan infeksi jamur, untuk memperbaiki luka dan menenangkan kulit yang rusak.

Untuk Kecantikan Kulit

Bunga Mawar untuk kecantikan kulit:

  1. Mengatasi jerawat

Jika kamu memiliki jerawat, kamu bisa mengobatinya secara alami dengan air mawar. Selain sebagai pelembab yang baik, kelopak mawar mengandung sifat antibakteri yang dapat mengeringkan jerawat. Bunga mawar juga mengandung fenil etanol, senyawa antiseptik yang membuat air mawar efektif mengobati jerawat.

  1. Mencerahkan warna bibir
Baca Juga :  5 Merk Air Mawar untuk Kulit Putih dan Bebas Flek: Rahasia Kecantikan Alami

Mawar memberikan efek positif pada kulit bibir. Bunga ini tidak hanya memberikan rona merah muda ke bibir, tetapi juga membuat kulit bibir terasa lembut dan lembap. Selain itu, kelopak mawar dapat membuat bibir terlihat lebih penuh.

  1. Mengatasi tanda penuaan kulit

Selain kaya akan antioksidan, air mawar dan minyak mawar juga mengandung banyak vitamin A dan C. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk mengatasi penuaan kulit. Selain memudarkan kerutan, vitamin A dan C dapat membantu mengurangi tampilan bintik-bintik penuaan pada kulit, serta memproduksi kolagen.

  1. Meredakan kemerahan

Seperti yang sudah disebutkan, ramuan bunga mawar memiliki manfaat antiinflamasi yang dapat mengurangi munculnya kemerahan pada kulit. Pelembab yang terkandung dalam bunga mawar bermanfaat untuk meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit. Termasuk menenangkan peradangan kulit dan eksim.

 

(*FITRI/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG : https://www.baritopost.co.id/

DENGAN JUDUL : https://www.baritopost.co.id/bunga-mawar-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/