Cara Masak Sehat dengan Tepat dan Mudah agar Tidak Overcooked

  • Bagikan
info seputar jambi

kenali.co.id, KULINER- Memilih makanan sehat belakangan ini menjadi perhatian penting bagi banyak orang. Makanan sehat bukan hanya dilihat dari bahan-bahan yang digunakan saja, melainkan harus perhatikan cara masak yang tepat.

Ratih Nadia, Brand Manager Instant Pot mengatakan, cara memasak yang benar juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Misalnya, jika memasak terlalu lama akan berakibat pada overcooked, sehingga nutrisi yang ada di bahan makanan akan hilang.

“Memasak terlalu lama bisa overcooked, nutrisi di bahan makanan bisa hilang. Namun, jika memasak menggunakan pressure cooker yang bisa suggest, akan membuat makanan lebih sehat,” kata Ratih, melalui keterangannya belum lama ini.

Menurut Ratih, di zaman serba modern seperti saat ini, peran ibu rumah tangga tak kalah sibuk dengan ibu yang bekerja. Tak lagi sebatas mengurus rumah dan anak, mereka juga bisa memiliki banyak kegiatan, bahkan sampai mengelola bisnis dari rumah.

Tentunya jadi tantangan tersendiri bagi para ibu modern untuk tetap berkomitmen mengurus keluarga dengan baik di sela-sela kesibukan sehari-hari. Salah satunya dalam hal menyajikan makanan terbaik untuk keluarga.

Kini, dengan adanya teknologi canggih, para ibu dapat memanfaatkan pressure cooker yang memiliki multifungsi untuk memasak. Salah satunya seperti multicooker Instant Pot Duo 9-in-1. Pressure cooker ini bisa menjadi andalan di dapur.

“Siapa saja bisa membuat makanan lezat dalam waktu singkat dengan Instant Pot. Fungsinya banyak, fiturnya pun sangat mudah digunakan. Cocok bagi para ibu modern dengan kesibukan, namun tetap ingin menyajikan hidangan lezat dan sehat,” kata Ratih.

Dia menjelaskan, kalau instant Pot ini multicooker. Konsepnya adalah presto. Kalau tradisional presto hanya untuk memasak daging. ini punya multifungsi. Jadi bisa pressure cooker dan dilengkapi steam. Bisa bikin yogurt, cake, dessert dan lainnya.

“Bisa deteksi masak yang baik seperti apa. Karena sudah smart program. Biasanya, kalau tidak gunakan smart program itu bisa overcooked sehingga kandungan nutrisinya di bahan makanan hilang. Instant pot gak khawatir, bisa suggest masak yang tepat seperti apa. Misal, kalau daging masak secara tradisional bisa 2 jam. Tapi ini bisa maksimal 30 – 35 menit, tidak hilangkan nutrisi,” katanya.

Dia menambahkan, Instant Pot dapat mengatasi kesulitan para ibu di rumah. Tidak perlu jadi kusam begitu selesai masak, dapur tetap bersih, dan makanan tetap terjaga kualitasnya.

Renny Hasibuan, Chief Marketing Officer SESA mengatakan, Instant Pot dikenal sebagai pelopor gaya masak baru di dapur dengan konsep faster, healthier, dan tastier. Kegiatan memasak menjadi dua sampai enam kali lebih cepat karena hanya perlu satu alat dan cukup dengan sekali tekan (quick one touch cooking), sehingga lebih menghemat energi hingga 70%.

“Istimewanya, ini satu alat untuk semua. Misal, mau masak sup, tumisnya di situ. Tidak perlu berpindah media. Sesuai dengan gaya hidup bagi yang sibuk,” katanya.

Renny menambahkan, faktor kesehatan dan keamanan juga merupakan hal yang diprioritaskan dari pressure cooker ini. Karena waktu masak menjadi singkat, kandungan nutrisi di dalam masakan pun tidak hilang.

“Isu material berbahaya pada alat masak pun tak perlu dikhawatirkan. Karena material inner pot-nya terbuat dari stainless steel yang aman untuk kesehatan. Bahannya tidak lengket saat memasak, serta mudah dibersihkan (dishwasher safe). Sudah dilengkapi dengan 10 fitur keamanan,” katanya.*intan/kenali.co.id


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *