Cara Membuat Instagram Reels dan Instagram Music

  • Bagikan

Kenali.co.id, Jambi – Dua fitur yang telah lama dinantikan oleh pengguna Instagram di Indonesia mulai hari ini, Rabu (23/6/2021) sudah bisa dicoba.

Kedua fitur tersebut adalah Instagram Reels, fitur merekam video pendek ala TikTok dan Instagram Music, fitur untuk menambahkan lagu berdurasi 15 detik pada Stories.

Kehadiran dua fitur tersebut disambut antusias oleh warganet Indonesia. Untuk memperoleh fitur Reels dan Music, pengguna harus melakukan update aplikasi Instagram terlebih dahulu lewat Google Play Store untuk Android, dan App Store untuk iOS.

Cara membuat Instagram Reels tombol Reels dapat ditemukan di sisi bawah layar, berdampingan dengan fitur “Post”, “Story”, dan “Live”. Letaknya berada di antara ikon “Search” dan “Shop”.

Untuk membuat video Reels, pengguna cukup mengeklik tombol Reels, lalu klik ikon kamera yang berada di pojok kanan atas, kemudian pilih opsi apakah ingin merekam video atau mengambil dari galeri ponsel.

Sebelum diunggah, video bisa ditambahi efek, stiker, musik, caption, dan lain sebagainya. Setelah itu, tinggal klik “Next” di bagian bawah. Video Reels dapat dibagikan lewat fitur Instagram Stories, Feeds, maupun Direct Message.

Pengguna bisa mengatur Reels secara publik atau private. Jika memilih opsi “publik”, video Reels bisa ditelusuri oleh pengguna lain di halaman khusus Reels yang dimuat di menu Explore.

Seperti halnya Instagram Stories, konten yang ditayangkan di Reels bakal hilang setelah 24 jam. Namun, pengguna bisa menyimpan Reels yang mereka buat dengan fitur Hightlights.

Cara membuat Instagram Music

Mengutip Instagram Music akan muncul ketika pengguna mengakses fitur Story dan membuka menu Sticker. Fitur Music terletak pada menu Sticker, dan akan muncul setelah pengguna mengambil foto/video atau mengunggah gambar/video yang ada di galeri.

Untuk menambahkan Music ke Story, bidik kamera ke obyek yang diinginkan atau pilih foto/video yang sudah ada di galeri. Kemudian usap sisi bawah layar ke atas, lalu pilih “Music”. Akan Muncul beberapa judul lagu yang disediakan dengan durasi singkat.

Pilih judul lagu yang Anda inginkan sebagai soundtrack. Jika sudah, muncul tampilan lirik beserta durasi potongan lagu yang akan dimunculkan dalam Instagram Story.

Pengguna dapat menyesuaikan lirik yang muncul dengan font yang diinginkan, atau bahkan menyembunyikan lirik agar tidak muncul di Instagram Story. Untuk menyembunyikan lirik, usap ke kanan pada opsi lirik hingga menemukan dua ikon kotak.

Ikon kotak pertama akan menampilkan sticker Music, sedangkan ikon kotak kedua akan menampilkan album art dari lagu yang dipilih.  Jika sudah selesai, klik “Cerita Anda” atau “Your Story”. Kini teman-teman Anda dapat melihat IG Story Anda yang telah dilengkapi dengan musik.(Yusuf/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *