Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Jelang Libur Akhir Tahun, Lakukan 5 Cara Ini!

  • Bagikan

Kenali.co.id, JAKARTA – Kasus positif Covid-19 di Indonesia terus menurun dalam beberapa pekan terakhir. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual harian pada Selasa (9/11/2021).

Dia mengatakan, angka kasus positif Covid-19 secara nasional menurun hingga 12,2 persen pada pekan ini atau 1-7 November 2021. Meski begitu, di beberapa provinsi terdapat kenaikan kasus Covid-19.

Lima provinsi yang mengalami kenaikan itu yakni Papua Barat naik 100 kasus, DIY Yogyakarta naik 77 kasus, DKI Jakarta naik 46 kasus, Sulawesi Tenggara naik 7 kasus, dan Kepulauan Bangka Belitung naik 5 kasus.

“Saat ini kondisi kasus Covid-19 di Indonesia semakin terkendali, baik di wilayah Pulau Jawa-Bali maupun non Jawa-Bali,” kata Prof. Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (9/11/2021).

Walaupun begitu, dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak lengah terhadap penularan virus Covid-19. Terlebih, menjelang liburan akhir tahun, di mana masyarakat rentan untuk berkumpul dan berkerumun.

Ada lima cara yang direkomendasikan untuk mencegah lonjakan kasus menjelang dan setelah liburan perayaan Natal dan liburan akhir tahun. Berikut ulasannya.

1. Menjalankan protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) secara komprehensif dan konsisten.

2. Menyegerakan vaksinasi Covid-19.

3. Inisiatif melakukan testing atau pengobatan Covid-19 jika mengalami gejala-gejalanya.

4. Menganalisis risiko penularan sebelum berkegiatan.

5. Mengikuti perkembangan kebijakan yang berlaku dan mematuhinya. (Anggie/kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *