Corsair akan rilis RAM DDR5

  • Bagikan

Kenali.co.id – Produsen RAM ternama, Corsair, sedang menyiapkan RAM DDR5 untuk mengikuti perilisan AMD Zen 4 dan Intel Alder Lake. Corsair mengumumkan bahwa persiapan produksi berjalan dengan baik dan modul RAM DDR5 diperkirakan akan turun ke pasaran akhir tahun ini. Produsen RAM lain seperti Teamgroup dan Kingston juga telah mengumumkan produk DDR5 mereka.

Corsair mengklaim kapasitas maksimum per keping RAM DDR5 mereka akan meningkat 4 kali lipat dari DDR4. Artinya, jika RAM DDR4 memiliki kapasitas maksimum sampai 32GB, DDR5 bisa sampai 128GB per kepingnya. Tentunya, angka ini jauh jika dibandingkan dengan RAM Samsung yang memiliki kapasitas 512GB per keping. Kapasitas tersebut mungkin belum diperlukan untuk sekarang. Tetapi, untuk masa depan, harusnya akan diperlukan untuk mencegah bottleneck pada PC high-end.

Memori speed dari RAM DDR5 Corsair ini juga merupakan lompatan yang besar. Corsair mengumumkan RAM DDR5 mereka memiliki kecepatan memori 6400Mhz, sedangkan RAM DDR4 Corsair umumnya ada pada 3200Mhz sampai 3600Mhz. Artinya kecepatan memori DDR5 meningkat hampir 2 kali lipat dari DDR4.

Jika dibandingkan dengan DDR4, DDR5 memiliki memori bandwidth yang jauh lebih tinggi. Memori bandwidth dapat mencapai 26GB/s pada RAM DDR4 3200Mhz. Sedangkan pada RAM DDR5 6400Mhz mencapai 51GB/s. Artinya, memori bandwidth meningkat hampir 2 kali lipat dari DDR4. RAM DDR5 memiliki base clock speed sebesar 4800Mhz. Tetapi, mereka memprediksi dengan teknologi di masa depan, RAM DDR5 akan memberikan speed sampai 8400Mhz.

Menurut Corsair, bandwidth yang lebih tinggi di RAM DDR5 akan membuat penggunaan memori bus lebih efisien. Serta, kapasitas RAM yang besar juga dapat membuat PC Anda lebih baik dalam multitasking. Seperti membuka banyak tab Google Chrome dan main game sambil nonton YouTube pasti akan lebih lancar dengan RAM DDR5 ini. Hal ini membuat DDR5 cocok untuk para streamer dan pembuat konten. (Naufal/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *