Curup Pinang Indah, Surga Tersembunyi di Kabupaten Way Kanan

  • Bagikan

Kenali.co.id, JAKARTA – Apabila Anda melintas atau berkunjung ke Kabupaten Way Kanan, Lampung, jangan lupa untuk singgah di Curup Pinang Indah.

Di sini, Anda bakal menikmati wisata air terjun yang menyajikan keasrian dan keindahan alam yang sangat natural. Lokasinya sendiri terletak di Kampung Gunung Sari, Kecamatan Rebang Tangkas.

Menurut Pembina Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Laskar Muda Gunung Sari, Malik Irsan, wisata air terjun ini mulai dibuka untuk umum pada 31 juli 2020.

Pengelolaannya pun dlakukan secara mandiri dengan asas gotong royong oleh pemuda Kampung Gunung Sari. “Semua aktivitas dan kegiatan di wisata ini sepenuhnya dikelola oleh Pokdarwis Laskar Muda Gunung Sari secara sukarela,” ungkap Malik, yang juga seorang kepala kampung, saat ditemui belum lama ini.

Malik Irsan menambahkan jika tempat wisata ini sudah mulai dikenal dan dikunjungi wisatawan lokal dan dari luar daerah Way Kanan.

“Bahkan dengan didukung hamparan dataran yang luas dan rindang, Curup Pinang Indah sudah sering dijadikan tempat pelaksanaan rapat kegiatan pemerintahan seperti Rakorcam Rebang Tangkas, Rakor dan Sosialisasi KPU serta Bawaslu Way Kanan. Lalu, kegiatan bulan bhakti karang taruna Way Kanan ke-60,” tuturnya.

“Bahkan pernah menjadi tempat pelaksanaan rapat koordinasi Dharma Wanita se-Provinsi Lampung, Rakor Dharma Wanita Dinas PU Bina Marga dan Bina Konstruksi se-Provinsi Lampung,” katanya lagi.

Meski memiliki kemampuan seadanya, Pokdarwis Laskar Muda Gunung Sari terus berbenah. Mereka dengan penuh kemandirian tak pernah berhenti untuk merawat dan melestarikan keindahan alam Curup Pinang Indah.

“Dengan dukungan dan dorongan dari masyarakat Kampung Gunung Sari, aparatur Kecamatan Rebang Tangkas, pemuda pokdarwis pengelola yakin suatu saat Curup Pinang Indah akan tampil sebagai destinasi unggulan di Kabupaten Way Kanan,” ujar Malik.

Malik juga berharap, ke depan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Disparekraf Provinsi Lampung akan memperhatikan dan mendukung antusiasnya para pengelola.

“Mereka bisa memberikan pembinaan dan pembiayaan untuk pengembangan wisata ini karena masih banyak sekali potensi yang dapat dikelola di lokasi ini. Curup Pinang Indah pun belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah, baik dari kampung ataupun Dinas Pariwisata. Semuanya ini berjalan atas semangat dan kemandirian pemuda setempat,” tutupnya. (Anggie/kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *