WISATA  

Dibuka Susi Pudjiastuti, Pameran Karya 16 Seniman Perempuan di Tumurun Private Museum Solo

KENALI.CO.ID, WISATA – Sebanyak 17 karya seni dari 16 seniman perempuan dipamerkan di Tumurun Private Museum Solo, 21 Mei-21 November 2023. Pameran tersebut bertajuk ‘Kiwari: Narasi Identitas dan Kefanaan.’

Dibuka mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, pameran yang menyuguhkan hasil karya seniman-seniman kenamaan.

Di antaranya Melati Suryodarmo, Emiria Soenassa, Rita Widagdo, Dolorosa Sinaga, Mella Jaarsma, IGAK Murniasih, Arahmaiani, Syagini Ratna Wulan hingga Nadiah Bamadhaj itu diharapkan mampu mengedukasi masyarakat, termasuk kaum milenial dan Gen Z.

Kurator pameran Tumurun Private Museum, Gintani Swastika menerangkan, ke-17 karya seni itu terdiri dari patung, instalasi dan seni audio visual. Seluruh karya tersebut dihasilkan dari rentang waktu 1958 hingga 2022.

“Kami harap para seniman, pencinta seni, pelajar, milenial dan Gen Z dapat belajar mengenai kekayaan dan keragaman praktik seni di Indonesia.

“Bahwa seni dapat menginspirasi dan menantang kita untuk berpikir lebih dalam tentang kedirian, relasi kuasa yang membentuknya, sekaligus merenungkan siklus dan ritme hidup,” terang Gintani, saat pembukaan pameran di Tumurun Private Museum.

Pembukaan pameran juga dihadiri pendiri museum Iwan Kurniawan Lukminto, para seniman hingga masyarakat.

Usai pembukaan pameran, Susi Pudjiastuti mengaku kagum dengan karya-karya yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut.

“Sebagai penyuka seni, saya selalu terhibur dan mengapresiasi jika melihat karya seni seperti ini. Menonton karya seni selalu bisa bikin adem hati, apalagi saat ini situasi sudah mulai memanas karena kondisi politik,” tuturnya.

(*Reno Pratama/KENALI.CO.ID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *