Ditolak Rumah Sakit, 9 Pasien Meninggal Saat Isolasi Mandiri

  • Bagikan

Kenali.co.id, Muara Tebo – Angka kematian pasien COVID-19 di Kabupaten Tebo terbilang cukup tinggi. Bahkan, ada yang dilaporkan meninggal setelah melakukan isolasi mandiri (Isoman) di Tebo cukup tinggi.

Data dari satgas penanganan Covid-19 Tebo, dalam sebulan terakhir tercatat 9 orang pasien covid-19 isolasi mandiri yang seharusnya mendapatkan perawatan meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Tebo, dr Riana Elizabeth mengungkapkan, 9 pasien Isoman yang meninggal itu tersebar di beberapa Kecamatan, seperti Rimbo Ulu, Rimbo Bujang dan VII Koto.

Menurut dia, pasien yang isoman itu semuanya mengalami gejala sesak nafas saat memeriksakan diri ke Puskesmas.

Pihak Puskesmas, kata dia, sudah merujuk pasien untuk dirawat ke Rumah Sakit (RS).

“Kita telah memotivasi agar dirawat ke RSUD Tebo. Namun pihak rumah sakit kita menolaknya sehingga mereka pulang ke rumah,” jelasnya, Senin (23/08/2021).

Dia mengatakan, pasien Isoman ini ada yang merupakan pendatang dari Jawa bertamu ke Rimbo Bujang. Ternyata sampai di Rimbo Bujang mempunyai gejala dan dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Sultan Taha Saipuddin (STS) Tebo. Namun sayang ditolak.

“Ternyata, mereka pergi ke RS swasta di Bungo dan ketika di tes PCR positif Covid-19. Sehari kembali ke rumah langsung meninggal dunia,” katanya

Sementara itu, Dirut RSUD STS Tebo, dr Veni Oktavieni saat tidak membantah data tesebut. Dia mengaku ada penolakan pasien karena ruangan perawatan isolasi di rumah sakit penuh.

Tapi, lanjut dia, sebenarnya pihak rumah sakit merekomendasikan untuk dirujuk. Namun keluarga menolaknya.

“Kita rekomendasikan untuk dirujuk, namun tidak diketahui alasannya pihak keluarga menolak dan memilih pulang,” jelasnya.

Menurut Veni, ruang isolasi di RSUD STS Tebo penuh karena ada 15 pasien yang sedang menjalani perawatan. Karena jumlah isoman yang cukup banyak, RSUD STS Tebo tidak mampu menampung jumlah pasien yang seharusnya mendapatkan perawatan khusus.

Apalagi, lanjut Veni, Rumah Susun Sewa (Rusunawa) baru diaktifkan pada Senin kemarin (23/08/2021). Dengan jumlah 32 kamar, Rusunawa RSUD STS Tebo mampu menampung sebanyak 64 pasien


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *