Durian Asia Masuk Daftar 14 Makanan Teraneh Sedunia, Ada Juga Gurita Hidup Korea

  • Bagikan
info seputar jambi

kenali.co.id, KULINER – Berbagai negara di seluruh dunia pastinya menawarkan banyak kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Namun, tidak semua hidangan yang ditawarkan berupa makanan yang lezat dan enak dipandang.

Sejumlah di antara makanan tersebut bahkan dianggap aneh oleh sebagian orang. Padahal makanan-makanan tersebut jenis yang dikonsumsi setiap hari oleh warga setempat.

Berikut ini 14 makanan paling aneh yang tersebar di sejumlah penjuru dunia, sebagaimana dilansir dari ViaTravelers, Rabu (18/1/2023):

1. Sannakji, Korea Selatan

Sannakji adalah hidangan mentah asal Korea Selatan. Masyarakat di sana menyajikan gurita dalam keadaan masih hidup yang kemudian dipotong kecil-kecil.

Jadi, meski guritanya masih bergerak dan menggeliat, orang-orang langsung memakannya saja. Beberapa orang menyebut Sannakji memiliki rasa dan tekstur mirip seperti kombinasi dari daging ayam dan udang.

2. Casu Marzu, Italia

Casu Marzu adalah keju tradisional asal kota Sardinia, Italia. Yang membuat keju ini aneh adalah proses fermentasinya.

Proses fermentasi keju Casu Marzu melibatkan lalat yang dibiarkan bertelur di dalam keju. Sebelum mencicipi kejunya, perlu diambil dan dibuang terlebih dahulu belatung-belatungnya.

3. Telur Seribu Tahun, Tiongkok

Berasal dari Tiongkok, century egg atau dikenal sebagai telur seribu tahun adalah telur ayam atau bebek yang cara masaknya direndam menggunakan tanah liat, abu, kapur, dan garam selama beberapa minggu atau bulan.

Karena proses perendaman tersebut, kuning telurnya akan berubah menjadi warna gelap seperti abu-abu. Sementara putih telurnya juga menjadi gelap seperti warna cokelat tua.

Masyarakat Tiongkok menganggap telur ini lazim dan cukup sering dikonsumsi. Mereka sering makan telur seribu tahun bersama nasi atau bubur. Beberapa orang juga mengatakan bahwa rasanya sedikit mirip dengan belerang.

4. Tarantula Goreng, Kamboja

Tarantula goreng termasuk jajanan umum dan populer di Kamboja. Laba-laba tarantula digoreng dan disajikan dengan saus celup.

Sebelum memakannya, taring dan kelenjar racunnya harus diambil terlebih dahulu.

Taring dan kelenjar racunnya terletak di bagian depan laba-labanya, dekat mulut.

5. Balut, Filipina

Makanan khas Filipina, balut adalah telur rebus berisi embrio ayam atau bebek. Telur ini adalah makanan yang umum di Filipina dan mudah ditemukan juga.

Untuk proses pembuatannya, telur dierami selama 14 hingga 21 hari sebelum dimasak. Alhasil, akan ada embrio ayam atau bebek yang tumbuh sebagian di dalamnya.

6. Huitlacoche, Meksiko

Huitlacoche adalah jagung yang terdapat jamur di dalamnya. Jagung yang berjamur ini sering digunakan dalam sup atau semur, atau bisa juga digoreng dan disajikan sebagai lauk.

Sebagian orang mengatakan bahwa Huitlacoche memiliki rasa berasap yang lebih dalam dibandingkan dengan jamur truffle.

7. Durian, Asia Tenggara

Durian memang buah yang sangat umum dan banyak masyarakat Indonesia menyukainya. Tidak hanya Indonesia, negara-negara lainnya di Asia Tenggara juga terkenal menyukai durian. Namun, beberapa negara menganggap durian sebagai buah yang aneh dan tidak disukai oleh banyak orang.

Durian dilarang di berbagai tempat seperti transportasi umum, hotel, rumah sakit, pesawat, dan tempat publik lainnya. Sebab, banyak orang menggambarkan bau durian sebagai campuran bawang merah, bawang putih, makanan yang kedaluwarsa, dan kaki busuk. *asih/kenali.co.id


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *