Gorengan Sehat untuk Diet Ada Strategi Makannya, Simak di Sini!

  • Bagikan

Kenali.co.id, JAKARTA – Gorengan sehat untuk diet ada strategi untuk memakannya . Jadi, Anda tak akan tersiksa gara-gara pantang makan gorengan, padahal itu masih diperbolehkan asal dengan tata cara memasak dan pola makan yang benar.

Gorengan termasuk salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Selain mudah ditemukan dan harganya murah, gorengan juga memiliki rasa yang gurih dan bikin nagih.

Tetapi, gorengan sering kali dilabeli sebagai makanan tidak sehat, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Hal itu dikarenakan gorengan memiliki kandungan lemak trans (trans fat) yang tinggi.

Lemak trans berasal dari minyak yang dikandung oleh makanan yang digoreng. Tanpa disadari, kadar kolesterol di dalam tubuh kita pun dapat terganggu kalau kebanyakan mengudap lemak ini.

Karenanya, jika Anda sedang menjalani program diet dan ingin tubuh tetap sehat saat mengonsumsi gorengan, beberapa tips berikut wajib diikuti. Berikut ulasannya, yang dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (31/10/2021).

1. Buat Gorengan Sendiri

Makanan yang dibuat sendiri lebih terjamin kualitasnya. Karena Anda tahu seperti apa kualitas bahan-bahan makanan yang Anda gunakan, serta kebersihan pada saat membuatnya.

2. Perhatikan Porsinya

Makan gorengan satu buah tidak serta-merta merusak program diet Anda dan langsung membuat berat badan Anda naik 5 kg. Karenanya, perhatikan jumlah asupan saat Anda makan gorengan.

Kepengin sih boleh, tapi jangan sampai kalap ya! Juga, ada baiknya jangan setiap hari Anda mengonsumsi gorengan, walaupun hanya 1 atau 2 buah.

3. Perhatikan Suhu saat Menggoreng

Cara menggoreng yang tepat adalah menunggu suhu minyak yang benar-benar panas sebelum memasukkan adonan. Dengan demikian, gorengan tidak akan menyerap banyak minyak.

Sebelum memasukkan adonan, cek suhu minyak dengan cara meneteskan sedikit adonan ke dalam minyak. Jika minyak mengeluarkan suara mendesis, itu tandanya minyak sudah cukup panas dan siap digunakan.

4. Kombinasikan Gorengan dengan Sayuran

Jika Anda saat ingin makan gorengan di tengah makan siang atau malam, ada baiknya diimbangi juga dengan sayuran agar kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi.

Anda bisa mengonsumsi sayuran yang direbus, ditumis, atau lalapan. Paling tidak, itu bisa membantu menetralisir lemak jenuh yang Anda di tubuh Anda saat makan gorengan.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Makan gorengan saat diet tidak dilarang asal masih dalam porsi yang wajar alias tidak berlebihan dan tak sering. Penting juga untuk minum air putih setelah makan gorengan agar minyak yang menempel di tenggorokan dan di organ dalam tubuh lain bisa diusir.

Sebaiknya, tetap minum air putih daripada memilih minum air jenis lain, sebab air putih tidak memiliki bahan kimia di dalamnya.(Anggie/kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *