Goro – Bol, Nasi Campur khas Gorontalo Kaya Rempah

  • Bagikan

Kenali.co.id,- Indonesia di setiap wilayahnya memiliki nasi campur khasnya masing-masing. Seperti di Gorontalo, Sulawesi Utara misalnya, yang memiliki nasi campur Goro – Bol.

Nasi campur Goro – Bol merupakan salah satu kuliner khas Gorontalo yang bisa Anda coba saat berwisata ke wilayah yang dijuluki Bumi Serambi Madinah itu.

Dalam satu porsi nasi campur Goro – Bol terdapat nasi kuning, sate tuna yang dilumuri bumbu khas, ayam bakar iloni, tumis bunga pepaya dan sambal rica, serta lalapan juga kerupuk.

Porsinya cukup besar, disajikan dengan alas daun pisang agar aroma lebih kuat. rasanya juga lezat, gurih dan rempah-rempahnya di setiap sajiannya.

“Masakan Gorontalo itu cukup berani untuk rempah-rempahnya,” kata chef Lucky Andreono saat ditemui MNC Portal di Restoran Kaum, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/11/2021).

Jebolan MasterChef Indonesia musim pertama ini menjelaskan, salah satunya ayam bakar iloni yang diolah dengan aneka bumbu yang kental. Ditambah lagi dengan campuran santan, sehingga rasanya lebih lezat.

Salah satu yang spesial adalah ayam bakar iloni ini memakai cabai rica. Kemudian kunyit, bawang merah, hingga bawang putih. “Kita pakai cabai rica,” ungkapnya.

Kuliner khas Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango ini bisa Anda temui di festival Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo & Bone Bolango.

Ajang tersebut merupakan rangkaian menuju Festival Kabupaten Lestari 4 (FKL4) yang akan diselenggarakan di dua kabupaten itu.

Festival yang mengusung tema Merangkai Kembali Identitas Lestari ini diselenggarakan pada 23-28 November 2021 secara daring dan luring.(Riani/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *