Gubernur Al Haris: Jabatan Fungsional Bekerja Terukur dan Berdasarkan Keahlian

KENALI.CO.ID, JAMBI – Gubernur Jambi Al Haris  melantik dan mengambil  sumpah/Janji Jabatan Fungsional Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, bertempat di  Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Selasa (30/05/2023). Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala BKD Provinsi Jambi, Henrizal, beberapa kepala OPD terkait, para pejabat yang dilantik serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan dan arahannya, Gubernur Al Haris menyampaikan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pejabat, baik fungsional maupun struktural merupakan salah satu bagian dari perputaran organisasi yang tentu bertujuan untuk pembinaan, pemantapan kapasitas kelembagaan serta pengembangan karier sebagai Aparatur Sipil Negara.

“Kita berharap ke depan semakin banyak jabatan fungsional, karena ini sesuai dengan amanah Undang-undang. Pejabat fungsional ini bekerja dengan terukur dan segala tugas mereka bersifat keahlian dan diharapkan dapat mendapatkan peningkatan kinerja di OPD nya masing-masing,” jelas Gubernur.

“Selamat kepada seluruh/18 (delapan belas) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang menerima SK PPPK sekaligus SK Jabatan Fungsional PPPK Tenaga Kesehatan, serta Pejabat Fungsional yang dilantik dan diambil sumpah/janji jabatannya, yakni 7 (tujuh) orang Penata Laksana Barang, dan 2 (dua) orang Analis Sumber Daya Manusia Aparatur. Selamat mengemban tanggung jawab dan melaksanakan tugas, sesuai dengan aturan/regulasi dan ketentuan yang berlaku,” lanjut Gubernur.

Menurut Gubernur Al Haris, kenaikan jenjang karier ini tentu disertai dengan tuntutan dan tanggung jawab yang lebih tinggi untuk turut berkontribusi meningkatkan gerak roda Pemerintahan Provinsi Jambi melalui program-program kerja di masing-masing perangkat daerah. “Saya berharap pelantikan saudara-saudari sekalian menjadi Pejabat Fungsional akan menjadi suatu pemicu untuk terus meningkatkan kinerja diri dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat, menggerakkan roda pemerintahan dan melaksanakan pembangunan yang menjadi tanggung jawab kita bersama,’ harap Gubernur.

Baca Juga :  Kegiatan Batubara Minimal 500 Meter dari Pemukiman

Untuk itu, Gubernur Al Haris  meminta untuk seluruh PPPK yang menerima SK dan pejabat yang dilantik ini bisa berkinerja baik yang berdampak positif pada peningkatan kinerja Perangkat Daerah dan selanjutnya berakumulasi pada peningkatan kinerja Pemerintah Provinsi Jambi serta peningkatan kualitas pelayanan publik di Provinsi Jambi.

“Saudara-saudari harus membangun kerja tim (team work), dan dalam pelaksanaan pekerjaan harus berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam melaksanakan pekerjaan, saudara-saudari harus menerapkan kerja yang produktif, efektif dan efisien serta harus adaptif dengan pemanfaatan teknologi. Keberadaan saudara-saudari harus benar-benar secara signifikan bisa meningkatkan kinerja unit kerja, meningkatkan produktivitas kerja dan mendorong adanya inovasi kerja,” ucap Gubernur.

Gubernur Al Haris juga meminta, sebagai aparatur pemerintah kita harus memiliki awareness (kesadaran) bahwa kita adalah pelayan publik, dan kesadaran itu seyogyanya menjadi self reminder (pengingat diri sendiri) untuk mau memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Hal inilah yang menjadi faktor pendorong yang sangat penting dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima, yang benar-benar tanggap terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat.

“Saya berpesan supaya saudara-saudari terus berupaya meningkatkan kompetensi, meningkatkan kualitas. Jangan bosan-bosan untuk terus belajar menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Saya juga meminta saudara-saudari tetap disiplin dan berintegritas, menjaga nama baik dan reputasi diri, instansi dan Pemerintah Provinsi Jambi,” tutup Gubernur. (Maria/Foto: Harun, Erit Sutriedi/ Kamerawan : Ardi. S).(*Shofyan Hadi/KENALI.CO.ID)