Hoak Dikabarkan Meninggal, Dahlan Iskan: Alhamdulillah

  • Bagikan

Kenali.co.id-Mantan menteri BUMN, Dahlan Iskan diberitakan meninggal dunia Selasa sore (16/2). Pesan berantai melalui grup whtasapp langsung menyebar ke seluruh Indonesia.

 

Di grup whatsapp wartawan Riau ucapan belasungkawa bermunculan sejak kabar itu muncul sekitar pukul 17 30 menjelang maghrib di Surabaya. Seorang wartawan senior Jawa Pos mengirim capture yang menunjukkan ungkapan belasungkawa dari seluruh Indonesia.

Kempalan.com langsung memfoward capture komentar berbagai whatsapp ke wa Dahlan Iskan. Beberapa menit kemudian Dahlan menjawab singkat, “Alhamdulillah”.

 

Untuk mengkonfirmasi berita itu kempalan.com juga memfoward capture kepada Sahidin, asisten pribadi keluarga Dahlan Iskan. Sahidin langsung membalas, “Siap, hoax”.

 

Kabar ini tentu mengejutkan karena pagi harinya fotografer senior Jawa Pos, Yuyung Abdi, meninggal dunia karena Covid 19. Dahlan Iskan sendiri sempat dirawat dua minggu lebih karena Covid 19. Dahlan sudah pulih total dan sudah beraktifitas seperti sedia kala. Selain tetap menulis rutin di blog DisWay Dahlan juga mulai aktif mengunggah podcastnya yang sempat terhenti beberapa lama.

 

Edisi podcast reborn Dahlan Iskan diunggah sebelum Imlek dan rencananya menampilkan seorang pengusaha Tionghoa Royce Muljanto yang berkonflik dengan orang tuanya sendiri pemilik jaringan showroom mobil terbesar di Surabaya Liek Motor.

 

Ternyata sebelum Imlek Roy ditangkap dan ditahan polisi. Dahlan tetap melanjutkan podcastnya tanpa kehadiran Roy dan menggantinya dengan manekin.

Berita hoax kematian Dahlan mengagetkan wartawan-wartawan senior di Jakarta. Zainal Bintang, wartawan senior langsung menelepon Teguh Santoso ketua umum JMSI (Jaringan Media Siber Indonesia) menanyakan kebenaran berita itu.

Teguh Santoso kemudian mencari konfirmasi ke beberapa wartawan senior di Surabaya dan memastikan berita itu hoax.(*)

sumber: okempalanh


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *