Ini 5 Manfaat Kayu Manis

  • Bagikan

Kenali.co.id, Jambi – Manfaat Kayu Manis, Kayu manis merupakan rempah yang dibuat dari kulit bagian dalam pohon yang secara ilmiah dikenal dengan nama Cinnamomum.

Aroma dan rasa kayu manis yang khas berasal dari bagian yang berminyak sangat tinggi dalam senyawa cinnamaldehyde. Para ilmuwan percaya bahwa cinnamaldehyde adalah senyawa yang bertanggungjawab atas manfaat kesehatan dari kayu manis.

Kayu manis memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari mengatasi gangguan kesehatan ringan hingga mencegah penyakit kronis.

Selengkapnya, berikut adalah manfaat kayu manis untuk kesehatan, dilansir dari Healthline, 5 Juli 2018.

1. Melawan infeksi bakteri dan jamur
Cinnamaldehyde mampu membantu melawan berbagai jenis bakteri. Selain itu, minyak kayu manis juga terbukti efektif untuk mengatasi infeksi akibat jamur.

Efek antimikroba yang dimiliki kayu manis dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut.

2. Melindungi dari penyakit kanker Kayu manis telah banyak dipelajari untuk potensi penggunaannya dalam mencegah dan mengobati penyakit kanker.

Bukti terbatas pada penelitian tabung dan hewan memperlihatkan bahwa ekstrak kayu manis dapat melindungi dari kanker. Kayu manis berpotensi mencegah kanker dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah di tumor.

3. Mengatasi diabetes Kayu manis terkenal dengan manfaatnya menurunkan gula darah tinggi. Rempah yang satu ini menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme.

Pertama, kayu manis terbukti menurunkan jumlah glukosa yang masuk ke alirah darah setelah makan. Kedua, senyawa dalam kayu manis dapat bekerja pada sel dengan meniru insulin, meski bertindak jauh lebih lambat daripada insulin itu sendiri.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung Kayu manis memiliki manfaat yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung yang merupakan penyebab kematian dini paling umum di dunia.

Baru-baru ini, sebuah studi menyimpulkan bahwa dosis kayu manis sebayak 120 mg per hari memiliki efek menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Di samping itu, pada penelitian terhadap hewan, kayu manis telah terbukti mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Jika kedua manfaat ini digabungkan, semua faktor ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung secara signifikan.

5. Mengatasi penyakit neurodegeneratif Penyakit neurodegeneratif ditandai dengan hilangnya struktur atau fungsi sel dan otak secara progresif.

Adapun penyakit Alzheimer dan Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum. Dua senyawa yang ditemukan pada kayu manis tampaknya mampu menghambat penumpukan protein di otak yang merupakan salah satu penyebab Alzheimer.(Yusuf/Kenali.co.id)


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *