⌾ KENALI INFO
KEJAKSAAN TEMUKAN 50 STEMPEL BERBAGAI JENIS YANG MASIH BASAH KANTOR KPU TANJABTIM ◉ UANG SITAAN RP 230 JUTA DARI KANTOR KPU TANJABTIM DITITIP KE KAS NEGARA ◉ 4 RUANGAN KPU TANJABTIM MASIH DIPASANG SEGEL KEJAKSAAN SELAMA 4 HARI ◉ KETUA KPU TANJABTIM NURKHOLIS TAK MASUK KERJA PASCA PENGGELEDAHAN YANG DILAKUKAN KEJAKSAAN ◉ SENGKETA LAPANGAN PEMUDA AKSO DANO, PULUHAN WARGA TOLAK PEMASANGAN PLANG PEMERINTAH OLEH JAKSA PENGACARA NEGARA ◉ TANAH LONGSOR, AKSES JALAN MENUJU 7 DESA DI KECAMATAN BATANG ASAI PUTUS TERIMBUN MATERIAL LONGSOR ◉ RUMAH WARGA DI DESA BATU PENYABUNG SAROLANGUN NYARIS TERJUN KE JURANG SEDALAM 8 METER AKIBAT TANAH LONGSOR ◉ KAPOLRES BUNGO TEMUKAN PERALATAN PETI DI DEKAT AREA BANDARA ◉ KASUS PERCERAIAN DI TANJABTIM SELAMA MASA PANDEMI MENCAPAI 315 KASUS ◉ KPK MINTA PEMKOT JAMBI MENGOPTIMALKAN PAD DAN TERTIBKAN ASET ◉ WALIKOTA SYARIF FASHA JADI PEMATERI LITERASI DIGITAL YANG DISELENGGARAKAN DPR RI ◉ WAWAKO MAULANA PAPARKAN PERKEMBANGAN WISATA DANAU SIPIN DALAM KEGIATAN TEMASEK FOUNDATION URBAN RESILENCE PROGRAMME 2021 ◉ GUBERNUR AL HARIS LANTIK MUCHLIS SEBAGAI KOMISARIS DAN DAN MUDASIR SEBAGAI DIREKTUR PT JII ◉ PEMPROV JAMBI TERIMA PIAGAM DAN PLAKAT PENGHARGAAN OPINI WTP DARI KEMENKEU ◉ GUBERNUR AL HARIS CEK ISOTER DAN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI ◉ ISOTER ASRAMA HAJI DAN BPSDM DITUTUP SEMENTARA KARENA PASIEN SUDAH MENURUN ◉ KABUPATEN MERANGIN DINYATAKAN NOL KASUS POSITIF COVID-19 ◉ KASUS AKTIF COVID-19 DI MUARO JAMBI TERUS MENGALAMI PENURUNAN ◉ SEKOLAH DI BATANGHARI BUTUH 35 ORANG PENGAWAS ◉

Ini Bedanya Gejala Covid-19 Varian Delta dengan Pilek dan Flu Biasa

  • Bagikan

Kenali.co.id, JAKARTA Pilek, flu atau COVID-19 adalah semua penyakit yang disebabkan oleh virus yang berbeda, namun, mereka semua dapat memiliki gejala yang sama. Secara khusus, karena masyarakat telah belajar lebih banyak tentang gejala yang berbeda dan berbagai strain Covid-19 yang timbul seperti varian Delta, menjadi lebih sulit untuk membedakan antara Covid-19, pilek dan flu. Bagaimana Anda bisa tahu pasti apakah itu varian pilek, flu atau Delta Covid baru?

Beberapa gejala “klasik” virus corona kurang umum untuk pilek termasuk suhu tinggi serta kehilangan indera perasa dan penciuman.

Pakar kesehatan memperingatkan bahwa jika Anda memiliki gejala-gejala ini, penting untuk melakukan tes PCR dan melakukan isolasi mandiri.

Namun, ada beberapa bukti bahwa varian Delta (varian yang pertama kali diidentifikasi di India, juga disebut B.1.617.2) memiliki gejala yang lebih mirip dengan pilek.

Sakit kepala, sakit tenggorokan, atau pilek bisa menjadi gejala virus corona varian Delta, atau pilek.

Flu dan coronavirus memiliki banyak gejala serupa, seperti suhu tinggi, batuk dan sesak napas.

Namun, flu tidak biasa menyebabkan hilangnya atau perubahan indera perasa dan penciuman Anda, yang dapat terjadi dengan Covid-19, tetapi para ahli menyarankan bahwa ini tampaknya kurang umum dengan varian Delta.

Melansir Express, Selasa (22/6/2021), data dari studi ZOE, yang dikumpulkan antara Maret dan Mei 2021, menemukan ada enam kelompok gejala utama yang mungkin mengindikasikan Covid-19, bukan hanya pilek atau flu.

Kluster ini meliputi:

1. Seperti flu tanpa demam: Sakit kepala, kehilangan penciuman, nyeri otot, batuk, sakit tenggorokan, nyeri dada, tidak demam.

2. Seperti flu dengan demam: Sakit kepala, kehilangan penciuman, batuk, sakit tenggorokan, suara serak, demam, kehilangan nafsu makan.

3. Gastrointestinal: Sakit kepala, kehilangan penciuman, kehilangan nafsu makan, diare, sakit tenggorokan, nyeri dada, tidak ada batuk.

4. Kluster parah dengan kelelahan: Sakit kepala, kehilangan penciuman, batuk, demam, suara serak, nyeri dada, kelelahan.

5. Kluster yang lebih parah, dengan kebingungan: Sakit kepala, kehilangan penciuman, kehilangan nafsu makan, batuk, demam, suara serak, sakit tenggorokan, nyeri dada, kelelahan, kebingungan, nyeri otot.

6. Kluster yang sangat parah, perut dan pernapasan: Sakit kepala, kehilangan penciuman, kehilangan nafsu makan, batuk, demam, suara serak, sakit tenggorokan, nyeri dada, kelelahan, kebingungan, nyeri otot, sesak napas, diare, sakit perut.

Hidung meler bisa menjadi gejala virus corona, kata British Heart Foundation.

Hidung meler adalah salah satu dari empat gejala teratas varian Delta (B.1.617.2). Ini juga merupakan gejala umum dari pilek dan bisa menjadi gejala flu juga.

“Jika Anda pilek, hal teraman yang harus dilakukan adalah melakukan tes virus corona. Rata-rata, dibutuhkan lima hari untuk gejala virus corona muncul, tetapi bisa memakan waktu hingga 10 hari.” kata badan amal kesehatan.

Profesor Tim Spector yang menjalankan studi Zoe Covid Symptom, mengatakan bahwa menangkap varian Delta bisa terasa ‘lebih seperti flu yang buruk’.

Sejak awal Mei, tim mereka telah melihat gejala teratas di pengguna aplikasi dan mereka tidak sama seperti sebelumnya. Varian ini tampaknya bekerja sedikit berbeda. Orang-orang mungkin mengira mereka baru saja terkena flu musiman, dan mereka masih pergi ke pesta dan mereka mungkin menyebar ke enam orang lainnya.

“Pesan di sini adalah bahwa jika Anda masih muda, Anda akan mendapatkan gejala yang lebih ringan. Ini mungkin hanya terasa seperti pilek atau perasaan ‘tidak enak’ yang lucu – tetapi tetaplah di rumah dan lakukan tes.” tambahnya. (Yusuf/Kenali.co.id)

 


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *