Inilah Manfaat yang Bisa Diperoleh Saat Tidur Menggunakan Guling

  • Bagikan
info seputar jambi

kenali.co.id,KESEHATAN- Bagi masyarakat Indonesia, salah satu hal yang hampir selalu ada di kasur adalah guling. Hal ini merupakan salah satu kondisi tidur yang sangat khas pada masyarakat Indonesia.

Keberadaan guling merupakan sebuah hal yang melengkapi bantal dan selimut di kasur. Hal ini bahkan membuat banyak orang jadi sangat tergantung dengan keberadaan guling ini agar bisa terpejam.

Walau tidak banyak digunakan oleh masyarakat lain di seluruh dunia, namun guling ternyata juga memiliki deretan manfaat kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Hal ini menjadi nilai tambah bagi kebiasaan tidur menggunakan guling ini.

Sejumlah manfaat bisa diperoleh seseorang ketika tidur menggunakan guling ini. Dilansir dari Goodyfeed, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari tidur menggunakan guling:

 

Menyangga Tubuh

Guling merupakan salah satu alat ortopedi yang bisa kamu gunakan sembari tidur. Hal ini berarti bahwa menggunakan guling bisa membantu untuk mencegah masalah tulang serta sakit di seluruh tubuh.

 

Lebih Aman dari Bantal

Kadang kala, seseorang bakal memeluk bantal sebagai pengganti guling di saat tidur. Guling biasanya memiliki kondisi yang lebih keras sehingga bisa lebih aman digunakan saat tidur terutama pada bayi dan balita.

 

Menenangkan

Bagi masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa menggunakan guling, manfaat psikologisnya tentu sudah tak perlu ditanyakan lagi. Selain itu, tidur memeluk dan bergumul dengan guling juga bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang dan santai sebelum tidur.

 

Baik bagi Postur Tubuh

Memeluk guling saat tidur terutama dalam kondisi miring bisa meluruskan punggung. Hal ini membuat postur tubuh menjadi lebih baik dan serupa berdiri tegak dan meluruskan punggung.

 

Meningkatkan Kualitas Tidur

Menggunakan guling juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang dengan cara membenahi postur. Manfaat ini terutama muncul ketika kamu tidur miring karena tidur dengan meletakkan guling di antara kaki bisa melepaskan tegangan yang ada di keduanya.

 

Menenangkan Tekanan

Guling juga bisa diletakkan di belakang leher untuk menopang tubuh dengan lebih baik. Cara ini bisa dilakukan untuk menenangkan tekanan otot yang telah terkumpul seharian.

 

Membantu Sembuh dari Cedera Punggung

Tidur dengan guling di atas pinggul bisa membantu melepaskan tekanan pada tulang pinggul. Hal ini bermanfaat bafi mereka yang mengalami masalah punggung seperti skoliosis.

 

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Menggunakan guling bisa mengangkat bagian tubuh seperti kaki. Hal ini bisa membantu darah untuk mengalir lebih lancar ke dalam jantung. Cara ini bisa membantu jantung agar tidak bekerja terlalu keras.

 

Sejumlah manfaat tersebut bisa kamu peroleh ketika tidur memeluk guling. Tidur memeluk guling dalam posisi tidur miring bisa memiliki sejumlah manfaat luar biasa sehingga perlu kamu lakukan ketika tidur.*asih/kenali.co.id


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *